Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lampung Sediakan 3.000 Dosis Pfizer untuk Vaksinasi Penguat

Dinas Kesehatan Lampung memulai vaksinasi 'booster' kepada masyarakat umum dan satuan kerja di lingkungan pemerintah mulai hari ini, Jumat (14/1/2022).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Januari 2022  |  15:05 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin dosis ketiga kepada warga lansia saat vaksinasi booster Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin dosis ketiga kepada warga lansia saat vaksinasi booster Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyediakan 3.000 dosis vaksin Pfizer untuk pelaksanaan awal vaksinasi "booster" (penguat) bagi masyarakat.

"Hari ini kita memulai vaksinasi 'booster' kepada masyarakat umum dan satuan kerja di lingkungan pemerintah," ujarnya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Jumat (14/1/2022). 

Dikutip dari Antaranews, dia mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi penguat itu telah disediakan 3.000 dosis vaksin jenis Pfizer dan 100 dosis vaksin Moderna.

"Untuk stok vaksin khusus 'booster' memang belum ada, jadi kita gunakan 'buffer stock' yang ada di gudang farmasi dengan rincian 3.000 dosis jenis Pfizer dan 100 dosis jenis Moderna," katanya.

Menurutnya, dengan digunakannya 3.100 dosis vaksin tersebut untuk vaksinasi penguat, selain dapat membantu meningkatkan capaian vaksinasi juga bisa mempercepat serapan terpakainya vaksin sebelum masa kedaluwarsa.

"Masa kedaluwarsa 3.000 dosis Pfizer ini sekitar bulan Februari jadi kita gunakan agar tidak ada yang terbuang, kalau untuk vaksin Moderna sudah tinggal sedikit karena sudah banyak yang digunakan di gerai vaksinasi," ucapnya.

Ia melanjutkan, setelah resmi dimulai pelaksanaan vaksinasi penguat bagi masyarakat dapat dilakukan di gerai-gerai vaksinasi di kabupaten dan kota.

"Dibukanya gerai vaksinasi oleh provinsi jadi tanda dimulainya pemberian di kabupaten dan kota. Jadi kalau ada masyarakat yang ingin ikut vaksinasi 'booster' hanya perlu membawa kartu tanda penduduk, atau kartu keluarga selanjutnya menunjukkan kartu vaksin bahwa telah ikut vaksinasi dosis lengkap dengan jangka waktu enam bulan," katanya.

Dia mengatakan pelaksanaan vaksinasi penguat kali ini selain menyasar masyarakat umum dan rentan terpapar Covid-19 juga menyasar orang lanjut usia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Kamis (13/1) jumlah capai vaksinasi dosis satu sudah mencapai 5.403.181 orang atau 81,31 persen, lalu vaksinasi dosis dua sebanyak 3.265.334 orang atau persentase mencapai 49,14 persen. Vaksinasi dosis tiga jumlahnya ada 29.616 orang atau 0,45 persen dari total sasaran 6.645.226 orang yang telah tervaksinasi di Lampung.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampung vaksinasi Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antaranews

Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top