Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UUS Bank Nagari Raih Penghargaan Bank Syariah Regional Pemberdayaan UMKM Terbaik

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad mengatakan penghargaan tersebut membuktikan kepada manajemen dan seluruh pegawai bahwa bekerja dengan bersungguh-sungguh dan ikhlas niscaya akan memberikan hasil yang baik.
Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad (tengah) memperlihatkan penghargaan Bank Syariah Regional Pemberdayaan UMKM Terbaik pada Anugerah Syariah Republika 2021 bersama Komisaris Utama Bank Nagari Benni Warlis (kiri) dan yang disaksikan oleh jajaran direksi Bank Nagari lainnya. /Istimewa
Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad (tengah) memperlihatkan penghargaan Bank Syariah Regional Pemberdayaan UMKM Terbaik pada Anugerah Syariah Republika 2021 bersama Komisaris Utama Bank Nagari Benni Warlis (kiri) dan yang disaksikan oleh jajaran direksi Bank Nagari lainnya. /Istimewa

Bisnis.com, PADANG - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatra Barat melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari menorehkan prestasi bergengsi berskala Nasional yakni sebagai Bank Syariah Regional Pemberdayaan UMKM Terbaik pada Anugerah Syariah Republika 2021.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad mengatakan penghargaan tersebut membuktikan kepada manajemen dan seluruh pegawai bahwa bekerja dengan bersungguh-sungguh dan ikhlas niscaya akan memberikan hasil yang baik. Karena dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, tidak mudah membangun perekonomian perbankan.

"Penghargaan saya lihat sangat sesuai dengan profil ekonomi dan pelaku usaha di Sumbar yang memang sangat didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana yang terbanyak adalah skala super mikro, skala mikro dan skala kecil," katanya, melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis di Padang, Kamis (9/12/2021).

Menurutnya penghargaan itu turut mewujudkan kekompakan agar bersama-sama dengan Pemerintah Daerah dan pemerhati UMKM lainnya untuk terus berkomitmen berupaya membuat UMKM Sumbar naik kelas. Sehingga dampak multiplayer ekonominya akan semakin besar bagi kemajuan Sumbar.

"Bank Nagari menyediakan berbagai produk pembiayaan dan pendanaan yang sesuai untuk pelaku UMKM. Sehingga dengan layanan yang sesuai kita hantarkan dan kita bina pelaku usaha yang sudah masuk skala menengah ini menjadi pengusaha besar, yang diperhitungkan di level daerah, level regional maupun level nasional, bahkan cita-cita besarnya adalah menjadi pengusaha yang aktif dalam transaksi bisnis internasional," jelas Irsyad.

Sementara itu, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra menjelaskan bahwa tahun 2021 yang masih dilingkupi oleh berbagai hambatan dan tantangan akibat pandemi Covid-19 membuat Bank Nagari, khususnya Unit Usaha Syariah, harus adaptif, kreatif dan inovatif agar peran intermediasi perbankan syariah dalam mendukung recovery ekonomi dapat berjalan, dengan tetap dalam tataran risiko yang terkelola dan termitigasi dengan baik.

Untuk itu berbagai terobosan kebijakan, strategi dan aksi-aksi nyata yang taktis serta membumi dilakukan, seperti UUS Bank Nagari berhasil meyakinkan pemerintah, OJK dan Komite Kebijakan KUR Nasional untuk dipercaya sebagai bank penyalur KUR syariah, sehingga sejak bulan Maret 2021 masyarakat Sumatera Barat dapat mengakses pembiayaan KUR dengan Pola Syariah melalui seluruh jaringan Kantor Cabang dan Cabang Pembantu Bank Nagari yang ada di Sumbar.

Candra menyebutkan sambutan masyarakat sangat luar biasa hadirnya KUR itu. Dimana dari bulan Maret 2021 sampai dengan November 2021 ini KUR Syariah telah tersalur sebesar Rp 235 miliar kepada 2.132 nasabah.

Selain itu, Bank Nagari juga menyediakan skema pinjaman khusus untuk pelaku usaha super mikro yang terjerat rentenir yang diberi nama pinjaman MaRandang.

Program MaRandang ini merupakan singkatan dari Melawan Rentenir Daerah Minang. Pinjaman Marandang ini menggunakan skema KUR Super Mikro dengan keunggulan dan tagline yaitu mudah, cepat, ringan dan tanpa agunan serta bisa juga diakses melalui Pola Syariah.

Sampai dengan posisi 30 November 2021 Bank Nagari telah melakukan 73 kali kegiatan edukasi dan sosialisasi pinjaman MaRandang secara bergilir diseluruh Kabupaten dan Kota dengan jumlah peserta 2.236 orang. Penyaluran pinjaman yang telah dilakukan mencapai total plafond Rp 4,4 miliar sehingga sudah cukup banyak saudara-saudara kita yang dapat dibebaskan dari jeratan rentenir ini.

Selanjutnya sosialisasi edukasi dan penyaluran KUR Super Mikro MaRandang ini akan terus ditingkatkan kedepannya tahap demi tahap.

"Pesan kita kepada masyarakat adalah bijak dalam berhutang, sesuai kondisi dan kemampuan serta menjaga nama baik dalam pengembalian pinjaman, ujarnya.

Selanjutnya perhatian Bank Nagari yang juga dirasakan sangat signifikan oleh para pelaku UMKM yaitu hadir dengan program relaksasi dan restrukturisasi pinjaman di saat usaha dan kemampuan bayar mereka terdampak akibat pandemi Covid-19.

Menurut Candra, dalam hal ini Bank Nagari sangat koperatif mendukung para debitur UMKM untuk bangkit kembali, dimana salah satu caranya adalah meringankan beban keuangannya dengan memberikan restrukturisasi kredit/pembiayaan.

Begitu pun untuk UUS Bank Nagari menjadi salah satu yang terbaik dalam penyaluran Pembiayaan Perumahan Bersubsidi FLPP bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dimana penyaluran KPR-FLPP Syariah mencapai 300 unit rumah dengan nilai plafond Rp 26,4 miliar.

Pembangunan perumahan bersubsidi ini adalah proyek padat karya sehingga mampu menggerakkan ekonomi sektor riil sekitar proyek dan menciptakan lapangan pekerjaan. Lalu untuk manajemen mengambil kebijakan yang signifikan yaitu seluruh kantor Bank Nagari yang ada di Sumbar ini harus bisa melayani masyarakat yang membutuhkan layanan Syariah.

"Sehingga masyarakat dapat mengetahui dan menikmati layanan perbankan Syariah pada seluruh kantor Bank Nagari," sebutnya. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper