Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Sasar Suku Anak Dalam di Musi Rawas Utara

Program vaksinasi telah menyasar pelosok Sumatra Selatan, salah satunya warga di wilayah permukiman suku anak dalam, Kabupaten Musi Rawas Utara atau Muratara.
Petugas vaksin mendata peserta vaksin di wilayah permukiman Suku Anak Dalam, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan. /Istimewa
Petugas vaksin mendata peserta vaksin di wilayah permukiman Suku Anak Dalam, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan. /Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Program vaksinasi telah menyasar pelosok Sumatra Selatan, salah satunya warga di wilayah permukiman suku anak dalam, Kabupaten Musi Rawas Utara atau Muratara.

Bupati Muratarra Devi Suhartoni mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional (BIN) Daerah Sumsel untuk memberikan vaksin kepada masyarakat suku anak dalam (SAD).

“Untuk mempercepat vaksinasi di Muratara, kami sangat membutuhkan kerjasama dan bantuan dari pihak lain. Adanya bantuan dari BIN daerah Sumsel ini harus diapresiasi,” katanya, Kamis (2/12/2021).

Dia melanjutkan fokus area pelaksanaan vaksinasi kali ini menyasar pemukiman SAD yang ada di Muratara.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi di Muratara masih menghadapi tantangan, terutama menyangkut stok vaksin dan minat masyarakat terhadap vaksin.

“Stok vaksin yang kurang dan masih ada masyarakat yang enggan divaksin," jelasnya.

Namun demikian, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi untuk masyarakat agar menjalani vaksin.

Apalagi, kata Devi, Pemkab Muratara menargetkan vaksin bisa tercapai 70% pada tahun ini. Sementara realisasi baru tercatat sebesar 49,85%.

“Oleh karena itu untuk mencapai target ini tidak bisa hanya pemerintah saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Komunitas SAD Muratara Jafarin mengatakan warga SAD di Muratara mendukung penuh program vaksinasi yang dilakukan pemerintah.

“Kami berharap seluruh warga SAD bisa melakukan vaksinasi sehingga terbebas dari Covid-19,” katanya.

M Toha, perwakilan dari BIN daerah Sumsel, mengatakan pihaknya mendapatkan instruksi dari Presiden RI untuk membantu percepatan realisasi vaksinasi hingga ke tingkat daerah.

Untuk di wilayah Muratara mereka mengirimkan sekitar 2.800 dosis vaksin. Namun jika kuota itu dianggap kurang maka akan mereka tambah kembali.

"Kami TNI, Polri, BIN terus mendorong pemerintah agar realisasi vaksinasi berjalan dengan lancar. Dan kami berharap di Muratara warga terbebas dari Covid-19,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Muratara, Marlinda mengungkapkan, secara manual realisasi vaksinasi di kabupaten Muratara sudah lebih dari 60 persen. Namun yang baru tercatat di sistem online sekitar 49,8 persen.

"Jadi untuk vaksinasi, kita langsung jemput bola turun ke pemukiman SAD untuk lakukan vaksinasi. Kami optimis di akhir tahun bisa tembus sampai 70 persen," katanya.

Pihaknya pun mengimbau agar warga tidak percaya isu negatif yang berkembang di seputar vaksinasi, karena semua itu merupakan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Dengan divaksin yang jelas akan menambah daya imun tubuh kita dan bisa mengantisipasi virus Covid-19," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper