Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peserta BPJS Kesehatan di Pekanbaru Kini Dilayani 321 Mitra Faskes

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pekanbaru memiliki ratusan mitra fasilitas kesehatan yang melayani para peserta badan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 19 November 2021  |  20:42 WIB
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, dr Nora D. Manurung. BPJS Kesehatan Pekanbaru saat ini memiliki mitra faskes tingkat pertama sebanyak 321 mitra yang tersebar di 4 kabupaten dan kota di Riau. Bisnis/Arif Gunawan
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, dr Nora D. Manurung. BPJS Kesehatan Pekanbaru saat ini memiliki mitra faskes tingkat pertama sebanyak 321 mitra yang tersebar di 4 kabupaten dan kota di Riau. Bisnis/Arif Gunawan
Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pekanbaru menyatakan saat ini sudah ada ratusan mitra fasilitas kesehatan yang melayani para peserta badan.
 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Nora D. Manurung menjelaskan untuk pelayanan di faskes tingkat pertama, kini pihaknya memiliki sebanyak 321 mitra.
 
"Jumlah mitra kami untuk faskes tingkat pertama di Cabang Pekanbaru berjumlah 321, yang tersebar di 4 kabupaten kota layanan yaitu 139 di Pekanbaru, 88 di Kampar, 43 di Pelalawan, dan 52 di Rokan Hulu," ujarnya pada Jumat (19/11/2021).
 
Kemudian untuk faskes tingkat kedua atau rumah sakit, saat ini peserta sudah dapat dilayani di total 41 mitra, dengan rincian 27 rumah sakit di Pekanbaru, 6 rumah sakit di Kampar, serta masing-masing 4 rumah sakit di Pelalawan dan Rokan Hulu.
 
Dia mengakui saat ini klaim ration di Cabang Pekanbaru masih sebesar 147 persen, dimana dana iuran peserta yang diterima masih belum sebanding dengan biaya klaim yang dibayarkan oleh badan kepada faskes.
 
Namun karena BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah, sehingga kekurangan biaya klaim yang terjadi sebelumnya sudah ditanggung oleh pemerintah pusat.
 
Menurutnya, sejak 2020 lalu sampai saat ini, kondisi keuangan BPJS Kesehatan telah membaik, dan bahkan telah dapat membayarkan uang muka untuk pengajuan klaim yang dilakukan oleh para mitra faskes.
 
"Jadi saat ini kami pastikan sudah tidak ada lagi tunggakan pembayaran klaim dari kami kepada faskes, dan juga kami mulai menerapkan pembayaran uang muka klaim dari pengajuan faskes sesuai nilai kepatuhan yang didapatkan mitra," ujarnya.
 
Adapun saat ini cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru telah mencapai 78,7 persen, dan pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kepesertaan dengan menggandeng berbagai pihak terkait.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi riau BPJS Kesehatan
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top