Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Riau Mulai Normalisasi Sungai Bangko Sepanjang 7 Km

Pekerjaan program normalisasi Sungai Bangko akan dilaksanakan mulai Jumat 12 November 2021.
Proyek normalisasi sungai./Bisnis-Alif Rizki
Proyek normalisasi sungai./Bisnis-Alif Rizki

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau akan memulai program normalisasi Sungai Bangko di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Rencananya untuk tahap awal, normalisasi sungai akan dilakukan sepanjang 7 kilometer.

Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan Riau Mamun Murod mengatakan rencananya normalisasi Sungai Bangko tersebut akan ditinjau langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar.

"Pekerjaan program normalisasi Sungai Bangko akan dilaksanakan mulai Jumat 12 November 2021. Rencananya Gubernur Riau dijadwalkan akan meninjau langsung," ujarnya, Kamis (11/11/21)

Dia menjelaskan program normalisasi Sungai Bangko untuk pekerjaan tahap awal ini, biaya program tersebut dibantu oleh perusahaan yang beroperasi di sekitar daerah aliran sungai.

Dia mengakui sudah ada tim yang melakukan koordinasi dengan perusahaan, dalam rangka menyiapkan kebutuhan untuk normalisasi sungai Bangko

Hal ini menurutnya sudah berdasarkan hasil kesepakatan rapat, salah satunya yaitu untuk peralatan program normalisasi sungai akan disiapkan oleh perusahaan. Dimana pada tahap awal perusahaan terkait akan melakukan normalisasi sepanjang 7 Km.

"Saat ini masyarakat sekitar Sungai Bangko sudah menunggu kegiatan normalisasi sungai tersebut. Karena saat ini dengan pendangkalan yang terjadi, sudah menggangu aktivitas masyarakat setempat."

Murod menyebutkan saat ini kondisi Sungai Bangko di Rokan Hilir memprihatinkan. Aliran sungai telah tertutup oleh rumput, dan terjadi pendangkalan. Masalah ini diketahui karena kondisi erosi aliran sungai di hulu. Akibat adanya perubahan fungsi tutup hutan menjadi non hutan, sehingga sungai menjadi dangkal dan akhirnya tertutup rumput.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper