Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Utusan Sumut Kembali Cetak Prestasi pada Ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI

Menurut Ketua LPTQ Sumatra Utara Asren Nasution, torehan ini melanjutkan tren positif provinsi tersebut pada ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional. Kurun lima tahun terakhir, Sumatra Utara sudah tiga kali masuk dalam tiga.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 24 Oktober 2021  |  20:54 WIB
Acara penyambutan Kafilah Provinsi Sumatera Utara pada ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI Maluku Utara di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara, Medan - Istimewa
Acara penyambutan Kafilah Provinsi Sumatera Utara pada ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI Maluku Utara di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara, Medan - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Utusan Provinsi Sumatra Utara berhasil masuk dalam tiga besar ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI Maluku Utara.

Torehan ini menarik simpati Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. Kepulangan mereka pun langsung disambut Edy di rumah dinasnya pada Sabtu (23/10/2021) malam.

Empat orang kafilah mendapat tali asih. Bagi kafilah yang meraih juara pertama masing-masing memeroleh uang tunai Rp100 juga. Sedangkan kafilah yang duduk di peringkat tiga memeroleh Rp50 juta.

Menurut Ketua LPTQ Sumatra Utara Asren Nasution, torehan ini melanjutkan tren positif provinsi tersebut pada ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional. Kurun lima tahun terakhir, Sumatra Utara sudah tiga kali masuk dalam tiga.

Pada Seleksi Tilawatil Quran Nasional tahun ini, kata Asren, para utusan provinsi unggulan justru tersisih. Menurutnya, hal tersebut merupakan fenomena baru. Kondisi itu kemudian dimanfaatkan utusan Sumatra Utara untuk mendongkrak prestasi.

"Alhamdulillah, Sumut sejak 2017 sampai saat ini konsisten tidak keluar dari zona lima besar nasional," kata Asren.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengungkapkan rasa bangga terhadap prestasi yang dicatat para kafilah. Akan tetapi, potensi yang dimiliki provinsi ini belum maksimal tergali. Untuk itu, dia berharap LPTQ Sumatera Utara terus berjuang mencetak bibit-bibit pecinta Alquran.

"Kepada anak-anakku yang sudah berhasil, terima kasih. Tidak seberapa apa yang sudah diberikan. Saya bangga kepada kalian," kata Edy.

Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI Maluku Utara berlangsung pada 16-22 Oktober 2021. Pada tahun lalu, Sumatra Utara sendiri masuk dalam lima besar MTQN di Sumatra Barat.

Beberapa tahun sebelumnya, Sumatra Utara juga duduk tiga besar pada ajang MTQN 2018 di Medan dan STQN 2019 di Kalimantan Barat.

Berikut nama para kafilah yang berhasil menorehkan prestasi pada ajang STQN tahun ini.

1. Nurjannah Nasution, asal Kabupaten Padang Lawas. Peraih juara pertama Tafsir Bahasa Arab Putri Cabang Hafalan 100 Hadis Pakai Sanad.
2. Salsabila Hasibuan, asal Kabupaten Padang Lawas. Peraih juara pertama Hafalan 500 Hadis Tanpa Sanad.
3. Zahran Auzan, asal Kabupaten Langkat. Meraih juara pertama Cabang Tahfiz 30 Juz Putra. Zahran, yang masih berusia 12 tahun, termasuk kafilah termuda.
4. Mohammad Hamdi asal asal Kabupaten Simalungung. Peraih juara pertama Cabang Tahfiz 10 Juz Putra.
5. Sri Rahmadani Lubis, asal Kota Medan. Peraih juara tiga Cabang Tilawah Dewasa Putri.
6. Zalfa Imroatul Muflihah, asal Kota Medan. Peraih juara tiga Cabang Tilawah Anak-anak Putri.
7. Ahmad Husnan Naim Nasution, asal Kota Medan. Juara Harapan I Cabang Hafidz 1 Juz.
8. Rizky Adriansyah Siregar, asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Meraih juara harapan Cabang Hafalan 100 Hadis.
9. Mohammad Zaid Rusdi, asal Kabupaten Deliserdang. Meraih juara harapan untuk Hafalan 500 Hadis.
10. Ahmad Tanthowi Sofa Siagian, asal Kabupaten Batubara. Meraih Juara Harapan II untuk Hafiz 20 Juz.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut mtq
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top