Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dumai Kembangkan Tanaman Cabai di 3 Kecamatan Guna Kendalikan Inflasi

Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, mengembangkan tanaman cabai di tiga kecamatan pada 2020 lalu, sebagai upaya mengendalikan inflasi daerah setempat yang bergantung kepada stok cabai dari luar.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 16 September 2021  |  14:37 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, mengembangkan tanaman cabai di tiga kecamatan pada 2020 lalu, sebagai upaya mengendalikan inflasi daerah setempat yang bergantung kepada stok cabai dari luar.

Lewat upaya tersebut, Dumai berhasil meraih nominasi Tim Pengendali Inflasi Daerah berkinerja terbaik di wilayah Sumatra 2021.

Wali Kota Dumai Paisal menjelaskan salah satu faktor kunci keberhasilan TPID Kota Dumai menjadi nominasi TPID Berkinerja Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Kawasan Sumatra 2021 yaitu mengusung Program Kerja Unggulan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Dumai.

"Tahun 2020 lalu TPID Kota Dumai mengangkat Program Pengembangan Tanaman Cabai Merah di Kota Dumai sebagai Program Kerja Unggulan TPID Tahun 2020. Program ini diusung mengingat Kota Dumai merupakan kota dengan tingkat kebutuhan konsumsi cabe yang tinggi, namun masih mengalami kondisi defisit," ujarnya saat menerima penghargaan sebagai Nominasi TPID kabupaten kota berkinerja terbaik se-Sumatra pada TPID Award 2021, Kamis (16/9/2021).

Dia merincikan pelaksanaan Program Unggulan tersebut didukung oleh dana APBD dengan realisasi Rp397,55 juta dan dana APBN dengan realisasi Rp461,8 juta.

Menurutnya program tersebut telah diimplementasikan di 3 kecamatan dan 13 kelurahan sebagai pilot project, yaitu di Kecamatan Sungai Sembilan, Kecamatan Medang Kampai dan Kecamatan Bukit Kapur.

Untuk mengawal Program Unggulan tersebut, TPID Kota Dumai melakukan pembinaan, pendampingan, penyuluhan, serta penyaluran bantuan berupa hand tractor, cultivator, serta electric handsprayer.

"Hasilnya, produksi cabai merah mampu menjaga pasokan cabai di Kota Dumai menjadi lebih stabil yang kemudian bermuara pada stabilnya harga cabai di Kota Dumai."

Pihaknya mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian atas apresiasi kepada TPID Kota Dumai yang dinobatkan sebagai nominasi TPID Berkinerja Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Kawasan Sumatra 2021.

Pencapaian ini menurutnya tidak terlepas dari kerja sama Tim Pengendalian Inflasi Kota Dumai yang solid serta bimbingan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta tim dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cabai tpid
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top