Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil Penumpang Dominasi Permintaan Kredit Clipan Finance di Sumatra

Direktur Utama CFIN Harjanto Tjitohardjojo mengatakan rasio kredit segmen penumpang yang disalurkan perseroan di Sumatra, mencapai 87,5 persen dari total kredit.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 18 Agustus 2021  |  16:37 WIB
Mobil Penumpang Dominasi Permintaan Kredit Clipan Finance di Sumatra
Direktur PaninBank Haryono Wongsonegoro (kiri) dan Dirut Clipan Finance Harjanto Tjitohardjojo (kanan). Rasio kredit segmen penumpang yang disalurkan perseroan di Sumatra, mencapai 87,5 persen dari total kredit. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Clipan Finance Indonesia Tbk. (CFIN) menyatakan sampai periode Juli 2021, penyaluran kredit mobil di wilayah Sumatra masih didominasi oleh segmen mobil penumpang atau passenger.

Direktur Utama CFIN Harjanto Tjitohardjojo mengatakan rasio kredit segmen penumpang yang disalurkan perseroan di Sumatra, mencapai 87,5 persen dari total kredit.

"Penyaluran kredit oleh Clipan Finance berdasarkan jenis kendaraan di wilayah Sumatra saat ini didominasi segmen passenger dengan porsi sebesar 87.5 persen," ujarnya Rabu (18/8/2021).

Kemudian untuk total kontribusi wilayah Sumatra terhadap kinerja penyaluran kredit Clipan Finance sampai akhir Juli 2021 tercatat mencapai 22,3 persen total pembiayaan secara nasional.

Menurut data perseroan, kinerja Clipan Finance pada semester I/2021 berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp90,21 miliar. Dengan total penyaluran kredit mencapai Rp1,38 triliun, serta total aset tercatat senilai Rp8,73 triliun, dan jumlah ekuitas mencapai Rp4,84 triliun. Sedangkan besaran NPF sebesar 1,08 persen.

Harjanto menambahkan untuk strategi khusus dalam penyaluran kredit di Sumatra diantaranya yaitu menjalankan kolaborasi dengan kantor cabang Bank Panin di kota-kota yang Clipan Finance belum memiliki kantor cabang.

"Serta menambah team Akusisi kredit di Medan, Padang, Palembang, Lampung dan kota-kota lainnya di Sumatra."

Sebelumnya pada konpers virtual, Harjanto menjelaskan perseroan ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-76, sekaligus 50 tahun usia PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PaninBank), dengan menawarkan bunga kredit rendah untuk pembiayaan mobil baru.

Dia menyebutkan pihaknya bersama PaninBank selaku induk usaha yang akan memberikan dukungan berupa joint financing pada program bertajuk KPM Panin ini, bunga istimewa yang bisa diambil nasabah hanya 2,50 persen untuk tenor 3 tahun.

"Kalau di lapangan yang [bunga] 2,5 persen tenor satu tahun mungkin banyak, tapi yang tiga tahun belum ada. Kami berani berikan yang teringan," ujarnya.

Didorong dukungan PaninBank dan entitas jasa keuangan di bawahnya, program yang berlaku sampai 30 September 2021 ini juga menyediakan paket untuk tenor 6 bulan sampai 5 tahun, ditambah Bonus Gratis berupa Asuransi Personal Accident (PA) selama 2 tahun.

Harjanto optimistis program ini dapat diterima baik oleh masyarakat didukung oleh PaninBank selaku induk perusahaan dan Asuransi MAG selaku value chain Panin Group, serta jumlah jaringan cabang CFI sebanyak 45 cabang dan 75 kantor perwakilan.

Target pembiayaan selama masa program harapannya menembus 2.500 unit kendaraan, dengan nilai pembiayaan baru Rp500 miliar. Hal ini didukung oleh tren kredit mobil baru CFIN per Juli 2021 yang tumbuh 37,2 persen (year-on-year/yoy) dibandingkan tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance bank panin kredit
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top