Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belitung Timur Kembangkan Potensi Wisata Geologi

Pengembangan wisata geologi juga seiring dengan sudah ditetapkannya Kabupaten Belitung Timur menjadi Unesco Global Geopark.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Juni 2021  |  15:23 WIB
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) resmi menetapkan Pulau Belitong Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Global Geopark sehingga dapat menjadi sejarah baru dunia pariwisata di Negeri Laskar Pelangi itu. - ANTARA/Aprionis
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) resmi menetapkan Pulau Belitong Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Global Geopark sehingga dapat menjadi sejarah baru dunia pariwisata di Negeri Laskar Pelangi itu. - ANTARA/Aprionis

Bisnis.com, MANGGAR — Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengembangkan potensi wisata geologi, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

"Kami sudah mempersiapkan pusat informasi geologi untuk memudahkan wisatawan mendapatkan informasi secara utuh," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi, Senin (14/6/2021).

Dia menjelaskan bahwa pengembangan wisata geologi juga seiring dengan sudah ditetapkannya Kabupaten Belitung Timur menjadi Unesco Global Geopark.

"Bahkan kami juga sudah meluncurkan empat paket wisata geologi yakni Geosite Open Pit Namsalu, Geosite Burung Mandi, Geosite Tebat Rasau dan Geosite Gunung Lumut.”

Menurut dia, untuk mencapai kemajuan pariwisata, berkaitan erat dengan upaya pengemasan melalui paket wisata, yang mana paket wisata akan menjadi media wisatawan untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman.

"Paket wisata disusun tidak hanya memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam pengembangan destinasi akan tetapi juga sudah menerapkan protokol kesehatan dan standardisasi CHSE [cleanliness, healthy, safety, and environmental sustainability] yang sudah ditetapkan oleh Kemenparekraf," jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa paket wisata dibentuk sebagai upaya penyebarluasan nilai-nilai pengetahuan lokal sehingga menjadi pengalaman yang berharga bagi wisatawan yang berkunjung.

"Pusat informasi geologi Pulau Belitung meliputi ruang audiovisual, area introduksi, tatanan geologi, area granit, lajur timah dan penambangan timah, batu satam, area potensi sumber daya geologi di Belitung, pemanfaatan dan geokonservasi dan taman batu," jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

geologi geopark

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top