Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ikut Malaysia, Harga Sawit Riau Terkoreksi Lagi ke Rp2.431,51 per Kg

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp96,46/Kg atau mencapai 3,82 persen dari harga pekan lalu.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  16:55 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Dinas Perkebunan Provinsi Riau menyatakan harga kelapa sawit periode 9–15 Juni 2021 2021 kembali mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit, salah satunya akibat anjloknya harga kontrak CPO di negara jiran Malaysia.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp96,46/Kg atau mencapai 3,82 persen dari harga pekan lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp2.431,51/Kg.

"Penurunan harga sawit ini karena harga komoditas minyak sawit mentah atau CPO Malaysia ambles 1 persen hingga sesi istirahat siang pada perdagangan pekan lalu," ujarnya, Selasa (8/6/2021).

Meski terjadi pelemahan, namun harga kontrak CPO pengiriman Agustus yang ditransaksikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange masih tetap di atas RM4.000/ton. Sehingga harga CPO di sana turun sebesar RM46 ringgit atau melemah 1,11 persen ke RM 4.112/ton.

Selain soal harga, prospek kenaikan stok minyak sawit Malaysia di akhir Mei juga cukup membebani nilai jual CPO.

Menurutnya harga minyak sawit mentah masih akan mengalami volatilitas yang tajam diakibatkan oleh kenaikan yang sudah terlalu tinggi dan membaiknya prospek produksi secara historis di paruh kedua tahun ini. "Meskipun turun, harga kelapa sawit Riau masih di atas Rp2.000 per kilogram."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau sawit
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top