Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangani Banjir di Medan, Lahan di DAS Bedera dan Babura Bakal Dibebaskan

Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, siap membebaskan lahan di daerah aliran Sungai Bedera dan Babura untuk program normalisasi sungai tersebut tahun ini guna mengantisipasi banjir di Kota Medan.
Wali Kota Medan Bobby Nasution/Antara
Wali Kota Medan Bobby Nasution/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, siap membebaskan lahan di daerah aliran Sungai Bedera dan Babura untuk program normalisasi sungai tersebut tahun ini guna mengantisipasi banjir di Kota Medan.

"Kami siap menanggulangi permasalahan sosial, terkait pembebasan lahan di daerah aliran sungai guna mengatasi persoalan banjir," ujar Wali Kota Medan Bobby Nasution di Medan, Senin (31/5/2021).

Mantu Presiden Jokowi ini menjelaskan Pemkot Medan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar untuk pembebasan lahan di kedua aliran sungai tersebut.

Wali Kota juga mengatakan pihaknya sedang menunggu rekomendasi titik-titik pembebasan lahan dan gambaran teknis yang dilakukan oleh konsultan.

"Untuk anggaran pembebasan lahan, kami siap. Bahkan, di tahun ini, kami menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar. Tapi, titiknya, kami mengikuti rekomendasi dari konsultan," ucap Bobby.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Benny Iskandar mengharapkan kajian konsultan dapat lebih detail, sehingga jelas langkah yang dilakukan untuk penanganan banjir.

Ia menyebut Pemkot Medan juga berharap adanya kepastian waktu, terdapat indikator pengurangan titik, pengurangan luasan, serta pengurangan intensitas banjir.

"Dari gambar teknis itu, dapat dilihat bentuk berapa lebar yang dibebaskan, persil yang kena, dan sebelah mana alurnya," kata Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper