Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

USU Produksi Hand Sanitizer, Diklaim Lebih Stabil dan Efektif

Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 Universitas Sumatra Utara (USU) berhasil memproduksi hand sanitizer yang diyakini lebih stabil dan efektif memberikan perlindungan dari kuman.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  19:33 WIB
Handsanitizer yang diproduksi oleh Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 Universitas Sumatra Utara (USU)  - Istimewa
Handsanitizer yang diproduksi oleh Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 Universitas Sumatra Utara (USU) - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 Universitas Sumatra Utara (USU) berhasil memproduksi hand sanitizer yang diyakini lebih stabil dan efektif memberikan perlindungan dari kuman. Saat ini, produk hand sanitizer itu masih dipakai untuk internal kampus.

Ketua Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 Universitas USU Apt. Imam Bagus Sumantri mengatakan, ide memproduksi hand sanitizer berawal keinginan untuk memproduksi hand sanitizer yang sifatnya lebih stabil dan efektif memberikan perlindungan.

"Jadi produk kita ini bisa memberikan perlindugan 99 persen terhadap kuman terutama di tangan karena tangan merupakan organ tubuh yang selalu bersentuhan dengan apapun," ucap Imam Bagus Sumantri, Kamis (27/5/2021).

Imam memaparkan, produk hand sanitizer yang mereka produksi telah melalui beberapa pengujian. Hasilnya, hand sanitizer yang mereka produksi lebih stabil dibanding hand sanitizer lainnya.

Kata Iman, kestabilan kandungan hand sanitizer akan tetap terjaga, meski dalam kondisi panas ekstrim. Pihaknya pun telah beberapa kali melakukan pengujian agar kadar alkohol tetap stabil di angka 70 persen.

Kedepannya, hand sanitizer ini sudah siap untuk diproduksi secara massal dan bisa digunakan masyarakat dengan harga terjangkau.

"Saat ini masih pemakaian secara internal, namun sudah kita merk-dagangkan ke Kemenkumham dan kita sudah melakukan namanya izin edar dari kemenkes," imbuh Iman.

Sebelumnya, Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 USU telah bekerja sama salah satu industri farmasi milik alumni USU. Berkat kerja sama tersebut, tim dapat memproduksi 1.000 liter hand sanitizer atau setara dengan 10.000 botol.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top