Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disnaker Riau Terima Belasan Laporan Terkait THR

Sebelumnya tercatat 16 pengaduan pada H-3 Lebaran 2021 dan pada H-1 Lebaran 2021 bertambah dua perusahaan lagi yang dilaporkan pekerja tidak membayarkan THR.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 13 Mei 2021  |  07:21 WIB
Sejumlah pekerja pabrik rokok menghitung uang Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran saat pembagian di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019). - ANTARA/Yusuf Nugroho
Sejumlah pekerja pabrik rokok menghitung uang Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran saat pembagian di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019). - ANTARA/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, PEKANBARU — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau telah menerima sejumlah laporan pengaduan terkait pembayaran tunjangan hari raya (THR) dari buruh atau pekerja.

Berdasarkan data terakhir, sebanyak 18 pengaduan telah masuk ke Posko Pengaduan THR Disnakertrans Riau.

Kepala Disnakertrans Riau Jonli mengatakan sebelumnya tercatat 16 pengaduan pada H-3 Lebaran 2021 dan pada H-1 Lebaran 2021 bertambah dua perusahaan lagi yang dilaporkan pekerja tidak membayarkan THR.

"H-1 Lebaran ini kami kembali menerima dua laporan dari tenaga kerja tentang belum dibayarkannya THR, dan kami telah melakukan mediasi terhadap perusahaan yang mendapatkan pengaduan dari karyawannya. Kalau tidak ada sepakat, tentu setelah Lebaran akan di proses secara aturan berlaku," ujarnya Kamis (13/5/2021).

Dia menyampaikan, sebelumnya perusahaan yang sudah dilakukan mediasi akhirnya membayarkan THR kepada karyawannya. Kondisi ekonomi yang cukup sulit menyebabkan terjadinya keterlambatan pembayaran THR oleh perusahaan.

“Hari ini satu perusahaan lagi menyelesaikan pemberian THR kepada pekerjanya sebanyak 79 orang, dan ini lanjutan setelah sebelumnya 81 orang. Jadi, total 160 orang sudah menerima THR dari hasil pengaduan kepada kami. Nah ada juga yang belum dibayarkan, ini akan terus diproses," ujarnya.

Dia mengakui pihaknya masih menunggu laporan dari Disnaker masing-masing kabupaten atau kota berapa jumlah pengaduannya. Jika ada yang tidak membayarkan THR dari perusahaan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan dan nanti akan muncul nota pemeriksaan.

"Lalu dilihat apakah pelanggaran adminitrasi, atau pelanggaran denda, dan paling tertinggi pencabutan izin."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau sumatra lebaran thr disnaker
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top