Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK Riau Resmi Luncurkan Kredit Melawan Rentenir

Melalui KPMR, masyarakat pemilik usaha super mikro bisa mengajukan pinjaman dengan syarat mudah dan cepat, seperti misalnya hanya 2 hari kerja.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 April 2021  |  15:30 WIB
Kepala OJK Riau Yusri (kanan) mendampingi Gubernur Riau Syamsuar (dua kanan) saat meluncurkan Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) yang bekerjasama dengan Bank BRI wilayah Pekanbaru.  - Istimewa
Kepala OJK Riau Yusri (kanan) mendampingi Gubernur Riau Syamsuar (dua kanan) saat meluncurkan Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) yang bekerjasama dengan Bank BRI wilayah Pekanbaru. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau bersama Pemda setempat secara resmi meluncurkan produk Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR). Produk pembiayaan ini menyasar pengusaha skala super mikro, dengan pagu kredit maksimal Rp10 juta.

Kepala OJK Riau Yusri menjelaskan daerah Riau adalah wilayah yang rawan praktik rentenir, sehingga perlu upaya bersama dari semua pihak untuk melawan praktik tersebut.

"Kami meyakini rentenir ada di mana-mana, saya sudah berkeliling Riau dan ada banyak rentenir. Inilah ikhtiar bersama untuk melawannya," ujarnya usai meresmikan KPMR bersama Pemprov Riau, Rabu (28/4/2021).

Yusri memaparkan praktik rentenir bisa tumbuh subur di daerah itu karena menawarkan proses cepat dalam pencairan pinjaman. Poin ini menjadi perhatian pihaknya dalam menyiapkan KPMR bersama perbankan terkait.

Kemudian masalah lain yang dijumpai OJK yaitu masih rendahnya literasi masyarakat terhadap produk pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh otoritas, sehingga hal itu menjadi tanggungjawab bersama oleh pihaknya dan pihak terkait, sehingga masyarakat semakin menyadari risiko apabila berhubungan dengan rentenir dalam mengajukan pinjaman.

Melalui KPMR, masyarakat pemilik usaha super mikro bisa mengajukan pinjaman dengan syarat mudah dan cepat, seperti misalnya hanya 2 hari kerja.

"Bahkan kalau dokumen lengkap mungkin sehari atau setengah hari diharapkan sudah selesai dan bisa disalurkan. Ini harapan dan ikhtiar bersama, dengan tujuan bagaimana kebutuhan pinjaman masyarakat dapat terpenuhi," ujarnya.

Pada peluncuran KPMR ini, OJK Riau menggandeng Bank BRI sebagai bank penyalur pembiayaan, dengan produk KUR Super Mikro dan plafond pinjaman maksimal Rp10 juta.

Usai peluncuran, OJK bersama Pemda secara simbolis menyerahkan pinjaman dari Bank BRI kepada 6 pelaku usaha mikro, sebagai bentuk komitmen perbankan dalam program Riau Melawan Rentenir.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan keberadaan rentenir seringkali meresahkan masyarakat karena memberikan pinjaman dana dengan bunga yang sangat tinggi, dengan berbagai kemudahan yang diberikan untuk menjerat masyarakat khususnya pelaku UMKM atau pedagang kecil.

"Agenda hari ini adalah launching Kredit Riau Melawan Rentenir, seperti kita tahu bahwa di daerah kita ini banyak rentenir yang memanfaatkan kredit kepada masyarakat kita yang ada di daerah, baik petani, pedagang termasuk UMKM," katanya.

Dia menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mengurangi kecenderungan masyarakat khususnya UMKM meminjam dari entitas kredit informal atau rentenir serta mendorong peran dan fungsi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dalam pengembangan sektor UMKM di daerah melalui penyediaan dana dengan proses cepat, mudah dan berbiaya rendah.

"KPMR juga bertujuan meningkatkan pengetahuan UMKM terkait produk dan layanan keuangan, khususnya produk kredit," ujarnya.

Saat ini Bank BRI menjadi bank utama penyaluran program KPMR di Provinsi Riau, untuk itu Gubernur Riau berharap kedepannya bank lainnya termasuk bank daerah juga turut berkontribusi dalam hal ini.

"Harapan saya juga bank yang ada di daerah kita ini bisa juga memanfaatkan program pemerintah ini, agar nanti rentenir berkurang atau rentenir hilang dari daerah kita karena rentenir ini jelas bunganya besar," ujarnya.

Dalam launching itu, turut hadir Asisten II Setda Provinsi Riau, Evarefita, Karo Ekonomi Pemprov Riau, John Armedi Pinem, Kepala OJK Riau, Yusri, Pimpinan Kantor Wilayah BRI Pekanbaru, Mochamad Suratin, serta tamu undangan lainnya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri riau OJK kredit mikro kredit umkm
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top