Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Elnusa [ELSA] Groundbreaking Proyek Terminal BBM di Indragiri Hilir

Kapasitas total penyimpanan di TBBM Tembilahan ini akan mencapai sebesar 8.000 KL. Sedangkan untuk target penyelesaian pembangunan kurang lebih sekitar 24 bulan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 15 April 2021  |  02:49 WIB
Proses groundbreaking proyek TBBM Tembilahan, Riau  - Istimewa
Proses groundbreaking proyek TBBM Tembilahan, Riau - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU – PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) menggelar seremoni peletakan batu pertama pembangunan Fuel Terminal Inhil di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin menjelaskan pembangunan TBBM ini sebagai upaya meningkatkan ketahanan energi. Pembangunan TBBM ini juga upaya turut mendukung pemerataan pemenuhan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina, khususnya bagi masyarakat di wilayah Indragiri Hilir, Riau.

Selain Haris, hadir Executive GM Marketing Operation Region I Pertamina Herra Indra Wirawan, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Subholding Commercial and Trading Pertamina Hasto Wibowo, Bupati Indragiri Hilir H. Muhammad Wardan, Dandim 0314 Letkol Inf Emir Faisal.

Hadir pula jajaran perwakilan manajemen Pertamina (persero) MOR I, Pimpinan TNI/Polri serta Tokoh Masyarakat setempat.

Haris memaparkan bangunan Fuel Terminal atau Terminal BBM ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektare. Sarana dan fasilitas yang akan dibangun dan dikelola PT Elnusa Petrofin terdiri atas dua unit tanki BBM untuk Pertamax  berkapasitas masing-masing 1.000 KL.

Juga terdapat dua unit tangki BBM untuk Premium dengan kapasitas penyimpanan masing-masing sebesar 1.500 KL dan dua tangki untuk Bio Solar dengan kapasitas penyimpanan masing-masing sebesar 1.500 KL.

Kapasitas total penyimpanan sebesar 8.000 KL. Sedangkan target penyelesaian pembangunan kurang lebih sekitar 24 bulan.

"Dengan dibangunnya Fuel Terminal Indragiri Hilir ini diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh pengiriman BBM ke Wilayah Indragiri Hilir yang biasanya di-supply dari Fuel Terminal Pertamina Sei Siak," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (14/4/2021).

Menurutnya Haris hal itu dapat mengurangi risiko kelelahan Awak Mobil Tangki akibat jarak tempuh yang panjang. Kemungkinan losses muatan juga dapat dihindari karena jarak penyaluran dari Fuel Terminal ke SPBU yang lebih pendek.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pemberian bantuan CSR secara simbolis kepada SDN 002 Sungai Gantang berupa pembangunan sarana dan fasilitas pendidikan.

Haris menyatakan kehadiran Fuel Terminal ini adalah wujud dukungan kepada Pertamina untuk memperkuat ketersediaan dan ketahanan energi (BBM) di Provinsi Riau, khususnya wilayah Indragiri Hilir.

Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Subholding Commercial and Trading Pertamina Hasto Wibowo mengatakan pasokan BBM untuk Wilayah Indragiri Hilir selama ini bergantung pada Fuel Terminal Sei Siak.

“Dorongan inilah yang membuat kami berusaha mengamankan pasokan BBM Pertamjna dengan memperpendek jarak tempuh distribusi BBM untuk Indragiri Hilir dengan hadirnya Fuel Terminal Tembilahan Baru ini” ujarnya.

Hasto menambahkan ke depannya kehadiran TBBM ini diharapkan mampu mendukung perkembangan ekonomi sosial dan budaya khususnya di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan sekitarnya.

Menutup acara, Bupati Indragiri Hilir H. Muhammad Wardan menyatakan sangat bangga dan bersyukur dengan adanya groundbreaking yang mengawali pembangunan Fuel Terminal Tembilahan Baru.

“Kehadiran Fuel Terminal Tembilahan Baru ini seiring dengan akselerasi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Indragiri Hilir dan memudahkan masyarakat serta industri di Indragiri Hilir dan sekitarnya mendapatkan BBM Pertamina,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina riau elnusa
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top