Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riau Ajukan 50 Warisan Budaya Takbenda ke Kemendikbud

Dinas Kebudayaan Provinsi Riau mengajukan sekitar 50 Warisan Budaya Takbenda (WBTb) ke Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 April 2021  |  19:19 WIB
Tanjak dari Siak termasuk salah satu yang diusulkan dalam Warisan Budaya Takbenda (WBTb) - pesonasiak.id
Tanjak dari Siak termasuk salah satu yang diusulkan dalam Warisan Budaya Takbenda (WBTb) - pesonasiak.id

Bisnis.com, PEKANBARU - Dinas Kebudayaan Provinsi Riau mengajukan sekitar 50 Warisan Budaya Takbenda (WBTb) ke Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Dinas Kebudayaan Riau R Yoserizal Zen mengatakan usulan WBTb tahun ini merupakan usulan WBTb yang sebelumnya sempat tertunda akibat masih ada kelengkapan yang kurang. Karena saat ini sudah dilengkapi, maka akan segera diusulkan.

"Tahun lalu, dari 11 WBTb yang diusulkan, 10 diantarnya disetujui menjadi WBTb Indonesia dan mendapatkan sertifikat. Kalau untuk tahun ini, sekitar 50 an WBTb yang diusulkan," katanya dalam siaran pers Minggu (4/4/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum pengusulan WBTb yakni usianya sudah lebih dari 50 tahun, kajian, dokumentasi video dan foto yang berhubungan dengan karya budaya yang akan diusulkan untuk mendapatkan pengakuan.

"Beberapa yang akan diusulkan tahun ini seperti Melalak, yakni tradisi lisan dari Kabupaten Kampar. Makan Bejambau, juga dari Kampar termasuk juga Tanjak dari Siak," ujarnya.

Dijelaskan Yose, semakin banyak WBTb Provinsi Riau yang ditetapkan secara nasional bukan berarti tugas dan kerja kebudayaan masyarakat Riau sudah selesai atau semakin mudah. 

"Justru bagaiamana upaya pelestarian yang dilakukan menjadi kekuatan baru agar semakin memperhatikan setiap karya budaya yang bernilai bagi masyarakat."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top