Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumsel Lanjutkan Perbaikan Infrastruktur

Pemprov Sumatra Selatan berkomitmen untuk memperbaiki akses jalan menuju kawasan permukiman, sentra pasar dan UMKM setelah merampungkan kemantapan jalan akses kabupaten/kota.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  16:40 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (dari kiri) didampingi Walikota Palembang Harnojoyo saat meninjau perbaikan Jalan Perjuangan di Kota Palembang. - Bisnis/Dinda Wulandari
Gubernur Sumsel Herman Deru (dari kiri) didampingi Walikota Palembang Harnojoyo saat meninjau perbaikan Jalan Perjuangan di Kota Palembang. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan berkomitmen untuk memperbaiki akses jalan menuju kawasan permukiman, sentra pasar dan UMKM setelah merampungkan kemantapan jalan akses kabupaten/kota.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan perbaikan infrastruktur jalan tersebut dilakukan setelah jalan kabupaten/kota dalam kondisi 95% mantap.

“Tujuan kami memperbaiki infrastruktur ini tidak lain untuk menekan angka kemiskinan. Jika jalan bagus maka tentu bisa menekan biaya hidup karena ongkos transportasi lebih murah,” katanya saat acara peresmian infrastruktur Sumsel di Palembang, Selasa (30/3/2021).

Deru mengatakan selama 2 tahun terakhir dirinya sudah menggelontorkan bantuan dana kepada kabupaten/kota dengan fokus pada perbaikan infrastruktur.

Menurutnya, bantuan yang disalurkan baik secara direct maupun dengan skema bantuan gubernur khusus (bangubsus) tersebut merata di 17 kabupaten/kota.

Salah satunya, Kota Palembang yang telah mendapat kucuran senilai total Rp668 miliar sejak 2019 sampai 2020 atau 2 tahun anggaran. 

“Kita jawab keinginan masy palembang tentang perbaikan dan peningkatan infrastruktur. Ini adalah hak masyarakat, di mana atas kepatuhan membayar pajak dan retribusi, kita programkan dalam bentuk pembangunan infrastruktur dan nonfisik lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Sumsel, Darma Budy, mengatakan alokasi bantuan infrastruktur di Palembang banyak terserap untuk pembangunan Jembatan Musi 6 dan kawasan perkantoran.

“Untuk infrastruktur jalan yang jadi kewenangan provinsi sudah kami tangani, sementara yang jadi kewenangan kabupaten/kota itulah dibantu lewat bantuan gubernur,” katanya.

Dia memastikan dukungan perbaikan dan peningkatan infrastruktur di daerah bakal terus berlanjut, di mana saat ini pemprov sedang mengkaji usulan program yang disampaikan pemkab/pemkot setempat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top