Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bengkalis Siapkan Program 1 Desa 1 Penyuluh Pertanian

Keberadaan penyuluh lapangan nantinya diharapkan dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  11:03 WIB
Petani menata buah semangka hasil panen di kebun miliknya di Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Senin (29/5). - Antara/Syifa Yulinnas
Petani menata buah semangka hasil panen di kebun miliknya di Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Senin (29/5). - Antara/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung pengembangan berbagai komoditas pertanian yang ada di wilayah tersebut. Salah satunya dengan menyiapkan program 1 Desa 1 Penyuluh Pertanian.

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menjelaskan hal tersebut pada saat panen semangka di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Desa Pematang Duku, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Ke depan akan kami laksanakan perekrutan 1 Desa 1 Penyuluh Pertanian lapangan yang nantinya akan dilaksanakan perekrutan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)," ujarnya dalam siaran pers Selasa (30/3/2021).

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung pelaksanaan audiensi dan panen semangka tersebut, sehingga ke depan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Bagus mengatakan PMD akan bekerja sama dan berkolaborasi bersama Balai Penyuluh Pertanian (BPP) sehingga perekrutan dapat berjalan dengan maksimal. Dia berharap tiap desa dapat menonjolkan usaha perkebunannya, minimal 1 desa dapat menciptakan ciri khas baru, seperti, kangkung, cabai, timun dan lainnya.

"Untuk anggaran, kami akan menggunakan dana desa yakni 1 Desa 1 Miliar tersebut, sehingga penyuluh pertanian dapat bekerja dengan maksimal tanpa harus memikirkan gaji," ujarnya.

Kemudian keberadaan penyuluh lapangan nantinya diharapkan dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur. Karena terdapat beberapa desa yang masih memiliki lahan tidur yang sangat banyak, kedepan agar bisa dimanfaatkan dengan baik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau pertanian dana desa
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top