Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polda Riau dan Ditjen Bea Cukai Gagalkan Upaya Penyelundupan 44 Kg Narkoba

Tim gabungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Riau berhasil menggagalkan penyelundupan 44 kg narkotika jenis sabu-sabu, serta lebih dari 50 ribu butir pil ekstasi.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  21:13 WIB
Tim gabungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Riau berhasil menggagalkan penyelundupan 44 kg narkotika jenis sabu-sabu, serta lebih dari 50 ribu butir pil ekstasi. Barang bukti tersebut diamankan dari penangkapan di Dumai dan Bengkalis beberapa waktu terakhir.  -  Istimewa
Tim gabungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Riau berhasil menggagalkan penyelundupan 44 kg narkotika jenis sabu-sabu, serta lebih dari 50 ribu butir pil ekstasi. Barang bukti tersebut diamankan dari penangkapan di Dumai dan Bengkalis beberapa waktu terakhir. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Tim gabungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Riau berhasil menggagalkan penyelundupan 44 kg narkotika jenis sabu-sabu, serta lebih dari 50.000 butir pil ekstasi.

Barang bukti tersebut diamankan dari penangkapan di Dumai dan Bengkalis beberapa waktu terakhir.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjelaskan dari pengungkapan di Bengkalis, Tim Gabungan berhasil mengamankan 40 kg sabu serta 50.000 butir pil ekstasi. Kemudian petugas juga berhasil menangkap 5 tersangka yang berinisial H, R, N, S dan J.

"Penangkapan dilakukan di Desa Tenggayun, Kecamatan Bukit Batu, Kabupeten Bengkalis pada 2 Maret 2021 lalu. Kelima tersangka merupakan warga Bengkalis. Jadi para sindikat ini menggunakan orang-orang tempatan untuk melancarkan bisnis haramnya," kata Kapolda Riau dalam siaran persnya, Rabu (24/3/2021).

Sementara itu dari pengungkapan yang dilakukan di Dumai, petugas gabungan berhasil mengamankan barang bukti narkotika berupa 4 kg sabu serta 526 butir pil ekstasi.

Penangkapan dilakukan pada 12 Maret 2021 lalu di wilayah Hutan Pelintung, Dumai. Tiga tersangka diamankan dalam pengungkapan tersebut, yakni berinisial I, A dan F. Petugas juga melakukan upaya tegas terukur dengan penembakan ke kaki tersangka F, karena melakukan perlawanan. Agung mengatakan, langkah sinergi antara aparat penegak hukum sangat diperlukan untuk memberantas mafia narkoba.

"Sinergitas dengan berbagai instansi, seperti TNI-AL dari Lanal Dumai, BNNP Kota Pekanbaru dan Bea Cukai menjadi hal penting dalam pemberantasan narkoba. Dengan adanya sinergitas ini, kami optimistis akan memenangkan perang melawan gembong narkoba," ujar Agung.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Bea Cukai Riau Ronny Rosfyandi menyatakan keberhasilan pengungkapan jaringan narkoba tersebut, merupakan bukti sinergitas antara Ditjen Bea Cukai Riau dan Polda Riau. Dia mengatakan, pihaknya akan terus memperkuat sinergitas tersebut guna menekan peredaran narkotika di wilayah Riau.

"Kami bersama-sama untuk mencoba menahan laju masuknya narkoba ini ke Indonesia. Bagaimanapun juga secara populasi memang penduduk Indonesia merupakan target yang potensial buat mereka memasarkan narkotika ke wilayah kita," kata Ronny.

Wilayah Riau, dengan kondisi geografis yang berbatasan langsung dengan perairan internasional, menurutnya sangat berpotensi dijadikan pintu masuk bagi para sindikat untuk menyelundupkan narkotika. Hal ini kata Ronny, menjadi atensi utama bagi Bea Cukai untuk menjaga perairan Riau dengan mempersiapkan strategi matang bersama aparat penegak hukum lain.

"Wilayah Riau ini secara kewilayahan maupun secara proses bisnis, sangat dimungkinkan menjadi target utama mereka. Itulah sebabnya kami bersama-sama mensinergikan, memformulasikan strategi-strategi agar lebih efektif lagi. Semoga kita kedepan bisa lebih efektif lagi, serta gambaran jumlah tangkapan saat ini menjadi ukuran kami untuk melakukan evaluasi lebih lanjut ke depan."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi narkoba riau
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top