Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sumbar Dukung Perantau Minang Percayakan Dananya ke Bank Nagari

PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatra Barat atau Bank Nagari mendapat kepercayaan dari para pedagang perantau Minang yang di Tanah Abang Jakarta.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  19:36 WIB
Wagub Sumatra Barat Audy Joinaldy (tengah) berada di Tanah Abang Jakarta saat melakukan pertemuan dengan para pedagang perantau Minang di Tanah Abang Jakarta, Rabu (17/3/2021).  - Istimewa
Wagub Sumatra Barat Audy Joinaldy (tengah) berada di Tanah Abang Jakarta saat melakukan pertemuan dengan para pedagang perantau Minang di Tanah Abang Jakarta, Rabu (17/3/2021). - Istimewa

Bisnis.com, PADANG - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatra Barat atau Bank Nagari mendapat kepercayaan dari para pedagang perantau Minang yang di Tanah Abang Jakarta.

Para pedagang perantau Minang yang tergabung dalam kelompok Kaparta (Keluarga Pedagang Blok F Tanah Abang) itu menyatakan seluruh dana dagangan parantau untuk disimpan di Bank Nagari.

Hal ini, disambut baik oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy saat melakukan pertemuan dengan perantau Minang yang menjadi pedagang di Tanah Abang tersebut.

"Saya mendengarkan langsung dari pedagang perantau kita (Minang) bawah sebagian dana dagangan mereka disimpan ke Bank Nagari melalui Bank Nagari cabang Tanah Abang Jakarta," ujar Audy, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (17/3/2021).

Menurutnya dengan adanya langkah baik dari para pedagang perantau Minang di Tanah Abang itu, dapat memberikan dampak yang baik pula bagi Bank Nagari.

Setidaknya, dengan adanya upaya dari para pedagang perantau Minang di Tanah Abang itu untuk mempercayai Bank Nagai sebagai lembaga perbankan untuk menyimpan dana mereka, telah dapat mempererat tanah rantau dengan kampung halaman.

"Ini langkah yang sangat bagus. Karena begini, jika orang dirantau sudah menjadi nasabah Bank Nagari, bila ingin mentransfer uang ke sanak saudara yang di kampung yang juga menjadi nasabah Bank Nagari, akan sangat memudahkan mereka yang menjadi nasabah Bank Nagari," jelasnya

Selain dapat mempererat hubungan tanah rantau dengan kampung halaman, seandainya perantau itu melakukan mudik, maka juga dapat memudahkan mereka untuk menarik dana, sehingga tidak perlu repot cari bank lainnya.

"Kalau di kampung itu, ATM bank-bank umum itu sangat terbatas. Kalau di pusat kota-kota di berbagai daerah di Sumbar jelas ada, sementara di desa-desa yang sulit. Kalau Bank Nagari, ATM dan layarnya sampai ke desa-desa," kata dia.

Untuk itu, Wagub menyambut baik adanya gerakan dan semangat dari para perantau Minang yang menjadi pedagang di Tanah Abang itu, untuk menyimpan dana mereka di Bank Nagari.

"Apa yang telah dilakukan oleh para pedagang kita di perantauan itu, sudah tepat. Karena untuk orang-orang di rantau ini lah yang memiliki peranan dalam membangun kampung halamannya, seperti halnya Bank Nagari," ungkapnya.

Audy menyebutkan ada sebanyak 80 persen lebih pedagang di Tanah Abang itu merupakan para perantau minang. Seiring adanya gerakan para pedagang perantau itu lebih optimal, kepada Bank Nagari pin diharapkan untuk meningkatkan pelayanannya.

"Ini tentunya kabar gembira dalam mensupport dan memajukan perkembangan Bank Nagari terutama di wilayah cabang Tanah Abang. Agar ini menjadi perhatian Bank Nagari dalam memberikan layanan terbaik, sehingga kegiatan ini dapat memberikan dampak saling menguntungkan," katanya.

Audy juga mengatakan bahwa dengan adanya pertemuan dengan perantau Minang itu, cukup keinginan para pedagang Tanah Abang ingin melakukan kerjasama dan berbagai hal keikutsertaan memajukan pembangunan di Sumbar dari tanah rantau.

"Para pedagang dalam pertemuan ini berharap ada ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan berikutnya dengan Pemprov Sumbar, termasuk dengan Bank Nagari," ucapnya.

Wagub menyampaikan agar semangat para pedagang terus dipacu maka ada baiknya Bank Nagari melakukan program-program nyata, sehingga dapat mengakomodir aspirasi pedagang dan perantau Minang tersebut.

Terpisah, Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad juga pernah mengatakan bahwa keberadaan Bank Nagari tidak hanya telah menjangkau seluruh daerah di Sumbar saja, tapi tanah rantau juga turut ada.

Dikatakannya dengan adanya Bank Nagari di luar Sumbar, telah menunjukan bahwa Bank Nagari tidak hanya dikenal dan populer oleh kalangan masyarakat maupun stakeholder di Sumbar saja, tapi telah mengembangkan sayapnya hingga ke tanah rantau, seperti di Jakarta, Bandung, dan di Riau.

"Keberadaan Bank Nagari luar dari daerah Sumbar, bagaikan menjalin hubungan erat antara masyarakat di kampung halaman dengan dunsanak yang di rantau," sebut Irsyad.

Artinya dengan menggunakan Bank Nagari, keluarga di kampung halaman dengan di rantau tetap bisa saling terhubung, terutama soal finansial.

Bahkan bila ada sumbangan dari perantau untuk kampung halaman, mereka menggunakan Bank Nagari. Karena memang, masyarakat Sumbar itu terkenal dengan dermawannya.

Buktinya setiap ada bencana alam di Sumbar maupun di Indonesia, kita dari Sumbar tetap berperan dalam menyalurkan Bantuan, dan Bank Nagari adalah mitra mereka.

"Peran atau kontribusi perantau Minang ke Sumbar sampai saat ini sangat begitu besar. Terutama bila Sumbar ataupun sanak saudara di perantauan daerah lain dilanda bencana, perantau Minang selalu ikut serta memberikan sumbangan melalui Bank Nagari," ujarnya.

Menurut terkait layanan, Bank Nagari adalah lembaga perbankan yang selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi. Selain telah memudahkan nasabah melalui layanan online yakni Nagari Mobile Banking, Bank Nagari akan mempersiapkan pelayanan yang ramah menyikapi kondisi pandemi Covid-19 ini.

"Kenapa kita begitu percaya diri, karena di Bank Nagari memiliki SDM yang mumpuni untuk pengembangan IT tersebut. Cuma sekarang, kita perlu menyiapkan segala sesuatu hal dengan matang," tegas Irsyad. (k56)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank nagari
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top