Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APP Sinar Mas Siaga Pasukan Cegah Karhutla di Sumsel

Asia Pulp & Paper atau APP Sinar Mas mengerahkan ratusan personel di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, untuk siaga kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  15:33 WIB
Petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan APP Sinar Mas untuk mencegah karhutla di Sumatra Selatan.  - Istimewa
Petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan APP Sinar Mas untuk mencegah karhutla di Sumatra Selatan. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Asia Pulp & Paper atau APP Sinar Mas mengerahkan ratusan personel di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, untuk siaga kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Head Social & Security APP Sinar Mas, Agung Wiyono, mengatakan ratusan personel tersebut terdiri dari 700 pemadam kebakaran dan 42 tim reaksi cepat.

“Selain itu APP Sinar Mas dan mitra pemasok juga mengandalkan 583 masyarakat peduli api unutk pencegahan karhutla tahun ini,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Jumat (12/3/2021).

Agung menjelaskan para petugas tersebut telah mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi. Mereka pun telah dilengkapi dengan berbagai peralatan dan sarana transportasi. 

“Kami juga menyiagakan 6 unit helikopter water bombing, guna mendukung operasi pemadaman di Sumsel, Jambi dan Riau,” kata dia.

Agung menambahkan pihaknya juga mengoptimalkan program kemitraan dengan masyarakat dalam pencegahan karhutla, salah satunya lewat program Desa Makmur Peduli Api (DPMA).

Menurut dia, program DMPA telah berjalan di 36 Desa untuk Kabupaten OKI, dan 31 Desa di Muba. Adapun total penerima manfaat mencapai 3.300 kepala keluarga (KK).

“DMPA bertujuan untuk mengajak dan membina masyarakat agar mengelola lahan secara agroforestri, dan tidak melakukannya dengan cara dibakar,” katanya.

Sedangkan untuk program kemitraan, mitra pemasok APP Sinar Mas di Sumsel melibatkan masyarakat sekitar, mulai dari penanaman sampai dengan proses pemanenan. Adapun total luasan Tanaman Kemitraan mencapai 49.558 ha di Kabupaten OKI.

Sebelumya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, peranan kepala daerah sangat penting, terutama dalam mengendalikan karhutla. 

“Tapi harus tetap diawasi dan dievaluasi. Harus melibatkan semua stakeholders di provinsi dan kabupaten/kota,” katanya.

Pangdam II/Sriwijaya Majyen TNI Agus Suhardi menambahkan, jika pencegahan dan pengendalian karhutla sejauh ini sudah berjalan lancar. 

“Selama ini sudah jalan, sosialisasi sudah jalan. Tentunya ini tidak bisa kita jalin sendiri, harus dengan seluruh lapisan masyarakat dan perusahaan,” katanya.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinar mas kebakaran hutan
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top