Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Perjuangkan Dana Bagi Hasil Sawit ke Pusat

Pemerintah Provinsi Riau menyatakan tengah berjuang bersama dengan 25 daerah penghasil kelapa sawit, untuk mendapatkan dana bagi hasil (DBH) dari pemerintah pusat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan tengah berjuang bersama dengan 25 daerah penghasil kelapa sawit, untuk mendapatkan dana bagi hasil (DBH) dari pemerintah pusat.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan 25 provinsi di Indonesia adalah penghasil kepala sawit, termasuk Riau tengah berjuang mendapatkan DBH kelapa sawit. 

"Di Indonesia ada 25 provinsi penghasil sawit yang tengah berjuang bisa mendapatkan DBH sawit," ujarnya dalam siaran pers Jumat (19/2/2021). 

Menurutnya Riau mendapatkan DBH dari produksi minyak dan gas bumi setiap tahunnya, namun untuk DBH dari minyak kelapa sawit masih belum diperoleh. Padahal dari aktivitas produksi sawit itu menyebabkan kondisi jalan yang ada di wilayah itu menjadi hancur.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan Provinsi Riau merupakan salah satu daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia. 

"Kalau tak salah, 20 persen penghasil CPO di Indonesia dari Riau. Berdasarkan data statistik CPO di Indonesia, ekspor CPO Riau itu 40 juta metrik per ton," katanya. 

Dia mengatakan, disamping Riau memiliki potensi sawit cukup tinggi, disisi lain Riau juga perlu adanya pembangunan infrastruktur, seperti jalan dan lainnya. 

"Karena itu kami berharap kepada pemerintah pusat ada kebijakan DBH sawit bagi daerah penghasil sawit, termasuk Riau."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper