Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riau Perjuangkan Dana Bagi Hasil Sawit ke Pusat

Pemerintah Provinsi Riau menyatakan tengah berjuang bersama dengan 25 daerah penghasil kelapa sawit, untuk mendapatkan dana bagi hasil (DBH) dari pemerintah pusat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  20:44 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan tengah berjuang bersama dengan 25 daerah penghasil kelapa sawit, untuk mendapatkan dana bagi hasil (DBH) dari pemerintah pusat.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan 25 provinsi di Indonesia adalah penghasil kepala sawit, termasuk Riau tengah berjuang mendapatkan DBH kelapa sawit. 

"Di Indonesia ada 25 provinsi penghasil sawit yang tengah berjuang bisa mendapatkan DBH sawit," ujarnya dalam siaran pers Jumat (19/2/2021). 

Menurutnya Riau mendapatkan DBH dari produksi minyak dan gas bumi setiap tahunnya, namun untuk DBH dari minyak kelapa sawit masih belum diperoleh. Padahal dari aktivitas produksi sawit itu menyebabkan kondisi jalan yang ada di wilayah itu menjadi hancur.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan Provinsi Riau merupakan salah satu daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia. 

"Kalau tak salah, 20 persen penghasil CPO di Indonesia dari Riau. Berdasarkan data statistik CPO di Indonesia, ekspor CPO Riau itu 40 juta metrik per ton," katanya. 

Dia mengatakan, disamping Riau memiliki potensi sawit cukup tinggi, disisi lain Riau juga perlu adanya pembangunan infrastruktur, seperti jalan dan lainnya. 

"Karena itu kami berharap kepada pemerintah pusat ada kebijakan DBH sawit bagi daerah penghasil sawit, termasuk Riau."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top