Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masyarakat Riau Diminta Waspada Penawaran Investasi Berjangka Ilegal

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), meminta masyarakat Provinsi Riau untuk mewaspadai penawaran investasi ilegal khususnya yang mengaitkan investasi tersebut dengan produk perdagangan berjangka.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 06 Februari 2021  |  17:29 WIB
Pimpinan Cabang PT Rifan Financindo Berjangka Pekanbaru, Liwan Thio (kiri), Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta Stephanus Paulus Lumintang (tengah), dan Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi (kanan) saat memberikan pemaparan materi edukasi tentang perdagangan berjangka kepada media di Pekanbaru. KBI meminta masyarakat Riau untuk mewaspadai penawaran investasi ilegal khususnya yang mengaitkan investasi tersebut dengan produk perdagangan berjangka.  -  Bisnis/Arif Gunawan
Pimpinan Cabang PT Rifan Financindo Berjangka Pekanbaru, Liwan Thio (kiri), Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta Stephanus Paulus Lumintang (tengah), dan Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi (kanan) saat memberikan pemaparan materi edukasi tentang perdagangan berjangka kepada media di Pekanbaru. KBI meminta masyarakat Riau untuk mewaspadai penawaran investasi ilegal khususnya yang mengaitkan investasi tersebut dengan produk perdagangan berjangka. - Bisnis/Arif Gunawan
Bisnis.com, PEKANBARU - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), meminta masyarakat Provinsi Riau untuk mewaspadai penawaran investasi ilegal khususnya yang mengaitkan investasi tersebut dengan produk perdagangan berjangka.
 
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mengatakan dalam hal edukasi Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) tentunya memerlukan kontribusi dan peran serta semua pemangku kepentingan. 
 
Pada tahun ini, perseroan memerkirakan perdagangan bursa berjangka tetap akan tumbuh positif seperti periode 2020 lalu, meski adanya pandemi Covid-19 yang menyebar di Tanah Air sejak Maret 2020 lalu.
 
Menurutnya industri ini memiliki potensi besar untuk berkembang. Namun, harus diakui bahwa masyarakat belum memahami sepenuhnya tentang penawaran investasi dan produk yang ditawarkan pada industri ini. 
 
"Adanya kasus masyarakat yang terjebak dalam investasi ilegal yang mengatasnamakan perdagangan berjangka, tentunya sangat memprihatinkan, yang tidak hanya merugikan masyarakat, tapi juga merugikan industri ini secara keseluruhan," ujarnya saat kegiatan edukasi di Pekanbaru, Sabtu (6/2/2021).
 
Menurut Fajar guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peluang investasi dan bisnis pada industri perdagangan berjangka, perlu peran serta dukungan dari berbagai pihak, salah satunya media massa.
 
Karena itu dengan kegiatan edukasi kepada media di Pekanbaru saat ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman dan menyampaikan informasi terkait kegiatan perdagangan bursa berjangka yang benar, legal serta sesuai aturan hukum di Tanah Air.
 
Di Provinsi Riau, PT KBI bekerja sama dengan PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) Cabang Pekanbaru, serta PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ).
 
"Kami melihat bahwa media merupakan salah satu pemangku kepentingan serta mitra kami dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat. Untuk itu, kegiatan media training seperti ini akan terus kami lakukan kedepan."
 
Adapun terkait perdagangan berjangka komoditi, pada 2021 ini KBI memerkirakan kinerja industri tersebut akan tumbuh melebihi pencapaian tahun 2020. 
 
Data PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mencatat sepanjang 2020 lalu volume transaksi kontrak SPA di JFX mencapai 7.767.855,4 lot, sedangkan Kontrak Primer mencapai 1.678.267 lot. Sedangkan pada 2019 lalu transaksi Kontrak Sistem Perdagangan Alternatif mencapai 6.501.246,7 lot dan Kontrak Primer mencapai 1.467.516,0 Lot.
 
Adapun PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfungsi sebagai Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi serta Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ).
 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau bursa berjangka pt kliring berjangka indonesia
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top