Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepanjang Pandemi Covid-19, Transaksi Uang Elektronik di Sumut Meningkat

Bank Indonesia mencatat relaksasi pembatasan sosial dan pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat Sumut berdampak pada peningkatan transaksi uang elektronik.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Bank Indonesia mencatat relaksasi pembatasan sosial dan pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat Sumut berdampak pada peningkatan transaksi uang elektronik.

Nominal transaksi uang elektronik di Sumut pada bulan November 2020 meningkat sebesar 5,8 persen (mtm) atau Rp34,5 miliar.

Pada bulan Oktober 2020, total nominal transaksi uang elektronik di Sumut sekitar Rp586,5 miliar. Dengan begitu, nominal penggunaan uang elektronik pada November 2020 dalah Rp621 miliar.

“Pada masa pandemi saat ini, masyarakat tidak ingin memberikan uang tunai dan mengurangi memegang (uang) kembalian, sehingga masyarakat sekarang cenderung menggunakan fintech,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara Soekowardojo, Senin (1/2/2021).

Sama halnya dengan nominal penggunaan, volume transaksi uang elektronik pada November 2020 di Sumut ikutmengalami peningkatan sebesar 3,0 persen (mtm).

Sedangkan dari sisi total uang elektronik yang beredar, terdapat penurunan sebesar 0,1 persen (mtm) pada November 2020 menjadi 2,05 juta Uang Elektronik (UE). Sebelumnya pada Oktober 2020, total uang elektronik yang beredar adalah 2,06 UE

Soeko menambahkan, dari sisi agen layanan keuangan digital (LKD) terdapat peningkatan agen LKD sebesar 772 agen dalam satu bulan.

“Dari sisi perkembangan agen LKD, jumlah agen mengalami peningkatan dari 24.081 pada bulan Oktober 2020 menjadi 24.853 pada bulan November 2020,” tambahnya.

Meskipun begitu, transaksi uang elektronik melalui LKD mengalami penurunan pada bulan November menjadi Rp40,8 miliar. Adapun, transaksi melalui LKD pada Oktober 2020 mencapai Rp48,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper