Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hutama Karya Gelar Razia Truk ODOL di Tol Permai

Operasi ini digelar rutin per tiga bulan sekali, dalam rangka penertiban kendaraan yang melintasi di Tol Permai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  10:39 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Abdullah Azzam.
Ilustrasi. - Bisnis/Abdullah Azzam.

Bisnis.com, PEKANBARU — PT Hutama Karya, pengelola Jalan Tol Pekanbaru Dumai (Permai) menggelar operasi kendaraan kelebihan kapasitas atau Over Load Over Dimention (ODOL), di Gerbang Tol Pinggir, Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Pada operasi ini HK menggandeng Dinas Perhubungan Provinsi, Ditlantas Polda Riau, POM TNI, Balai Pengelola Transportasi Darat, dan beberapa pihak lainnya.

Branch Manager Tol Permai Aa Gede Indrayana mengatakan operasi ini digelar rutin per tiga bulan sekali, dalam rangka penertiban kendaraan yang melintasi di Tol Permai.

“Adapun tindakan yang bisa dilakukan yakni penilangan oleh pihak kepolisian, atau tak diizinkan melintas di tol [putar balik],” katanya dalam siaran pers Rabu (27/1/2021).

Menurutnya sebagai pengelola Tol Permai, pihaknya selalu mengimbau kepada pengendara agar selalu taat kepada ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan saat ingin melintas di jalur tol, termasuk memperhatikan panduan rambu-rambu lalu lintas.

Dia menerangkan, sejak awal Tol Permai dioperasikan tercatat sudah sekitar 40 kasus kecelakangan yang terjadi di jalan tol, di mana 40 persen diantaranya, yakni kendaraan ODOL. Pelaksanaan operasi ini juga dimaksud untuk mengantisipasi terjadinya kasus-kasus baru.

“Soal kasus kecelakaan di tol juga menjadi perhatian kita bersama, karena memang sejauh ini jumlah kasus kecelakaan sangat tinggi. 40 persen kasus kecelakaan tersebut adalah ODOL. Termasuk kecelakaan-kecelakaan kecil yang terjadi di tol dalam catatan kami,” jelasnya.

Dia mengatakan giat operasi ODOL akan digelar selama dua hari, Rabu hingga Kamis, 27-28 Januari 2020. Pantauan di lapangan, petugas yang melakukan operasi ODOL dibagi dalam beberapa tim.

Diantaranya, tim khusus yang menentukan kapasitas muatan kendaraan, lalu tim pemeriksaan kelengkapan surat-surat, dan tim yang bertugas mengarahkan kendaraan untuk putar balik.

“Untuk laporan berapa jumlah belum bisa kami sampaikan karena proses penindakan masih berlangsung. Namun nanti akan dilaporkan secara berkala."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya pekanbaru
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top