Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KEK di Mentawai Dipersiapkan Jadi Kawasan Wisata Kelas Dunia

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berupaya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  21:05 WIB
Pantai Mapadegat di Mentawai, Sumatra Barat. - Antara/Iggoy el Fitra
Pantai Mapadegat di Mentawai, Sumatra Barat. - Antara/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, MENTAWAI - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berupaya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan pembangunan infrastruktur di Mentawai perlu terus digenjot. Karena Mentawai telah dikenal wisatawan dunia, sehingga penting untuk fokus soal proses pembangunan infrastrukturnya.

"Selama ini yang membuat sulit Mentawai maju ini, infrastrukturnya masih belum memadai. Padahal kunjungan wisatawan mancanegara sudah sering ke Mentawai, sudah dikenal dunia malah," katanya dalam kunjungan kerjanya ke Mentawai, Senin (18/1/2021).

Dia pun melihat sejauh ini Kepulauan Mentawai sudah mulai mengalami kemajuan seperti soal akses internet yang terus dibangun, dan pihak PLN yang telah menargetkan seluruh desa di Mentawai bisa dialiri listrik.

Untuk itu, Wagub menginginkan agar Mentawai menjadi Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Wisata Kelas Dunia.

"Mentawai terkenal dengan wisata baharinya, jadi itu yang terus kembangkan ke depannya, pelaku-pelaku ekonomi di Mentawai harus dikembangkan, masyarakat harus mengambil bagian bergerak melakukan pengembangan kawasan wisata," sebutnya.

Nasrul Abit menjelaskan, untuk pembangunan yang harus diutamakan adalah jalan Trans Mentawai. Karena adanya jalan Trans Mentawai itu, akan dapat menghubungkan seluruh desa di Mentawai.

"Untuk Trans Mentawai itu ada sekitar 200 kilometer lagi yang belum dibuka, mudah-mudahan untuk hambatan di lapangan tidak ada lagi," ungkap dia.

Artinya jalan Trans Mentawai harus segera dibangun agar perekonomian masyarakat disini bisa berjalan, apalagi bila Pelabuhan Labuhan Bajau selesai dan Jalan Lingkar selesai tentu perekonomian masyarakat pun bangkit.

"Harapan kita kedepannya, rencana pembangunan akan berjalan dengan baik, serta dukungan dari masyarakat setempat," harapnya.

Dikatakannya, tahun lalu, dia bersama rombongan dari Kemenko Marves dan Kementerian PUPR telah meninjau pembangunan dan sudah berjalan cukup baik, investor juga sudah siap jadikan daerah Mentawai sebagai tempat wisata eksotis kelas dunia.

"Ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Mentawai dan Sumbar," tegasnya.

Wagub melihat Mentawai adalah salah satu daerah yang perlu diprioritaskan, soal pembangunan infrastrukturnya.

"Kita pun sudah bekerja cukup banyak untuk kemajuan Mentawai. Karena ini menjadi target pemprov untuk lepas dari daerah tertinggal," ucapnya.

Untuk progres pembangunan KEK, kata Nasrul Abit, Pemprov Sumbar juga siap memfasilitasi antara lain dari soal perizinan, kemudian infrastruktur utama juga akan ada dukungan dari pemerintah, terkait bandara di dalam KEK ditangani investor dan pemerintah pun memfasilitasi.

Namun, dia berharap dukungan pemerintah pusat terus dan selalu ada khususnya pembangunan infrastruktur bagi peningkatan perekonomian masyarakat Mentawai dapat terlaksana lebih baik lagi dan selesai tepat waktu. (k56)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar mentawai
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top