Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Baturaja, Sumsel, Buat Kompos dari Limbah Rumah Tangga

Warga Baturaja, Provinsi Sumatra Selatan, dilatih untuk membuat kompos dengan bahan dari limbah rumah tangga.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Desember 2020  |  17:52 WIB
Pupuk kompos/Antara - Edo Purmana
Pupuk kompos/Antara - Edo Purmana

Bisnis.com, BATURAJA – Warga Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatra Selatan dilatih membuat pupuk kompos dari limbah rumah tangga guna membantu pemerintah menanggulangi sampah.

"Pelatihan ini dilakukan agar masyarakat mendapat pengetahuan tentang cara mengolah sampah menjadi kompos," kata Lurah Sekarjaya, Ogan Komering Ulu (OKU), Eldaniati.

Dia menjelaskan pembuatan kompos ini berbahan dasar dari limbah rumah tangga seperti sisa sayuran dan sampah lainnya untuk diolah menjadi pupuk.

"Pemateri dalam pelatihan ini dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU yang memberikan materi cara mengolah sampah rumah tangga menjadi kompos," jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, kata dia, warga diajarkan membuat pupuk kompos dengan bahan masing-masing 1 kologram sisa sayuran serta daun basah dan kering.

Setelah bahan dasar disusun di dalam wadah kemudian dicampur 10 ml EM4 guna mempercepat proses penguraian limbah organik cair maupun padat dan menurunkan kadar BOD dan COD agar menjadi kompos atau bokashi EM4.

"Bahan tambahan tersebut bisa juga digantikan dengan air sisa cucian beras. Setelah sekitar dua pekan pupuk kompos sudah bisa di gunakan," tuturnya.

Dia berharap melalui pelatihan tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang cara membuat kompos dengan memanfaatkan limbah rumah tangga.

"Dengan begitu masyarakat secara tidak langsung telah membantu pemerintah dalam upaya mengurangi sampah di Baturaja," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

baturaja Rumah Kompos

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top