Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Positif Covid-19 di Riau Menurun, Pengamat Pariwisata Ingatkan Soal Prokes

Pengamat pariwisata Riau Dede Firmansyah mengatakan sejak beroperasinya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada 25 September lalu atmosfer wisata dua kota di Provinsi Riau itu mulai naik.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 02 November 2020  |  19:27 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU — Tren kasus positif Covid-19 di Riau cenderung menurun selama libur panjang pekan lalu. Pengamat pariwisata Riau ingatkan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di lokasi wisata.

Pengamat pariwisata Riau Dede Firmansyah mengatakan sejak beroperasinya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada 25 September lalu atmosfer wisata dua kota di Provinsi Riau itu mulai naik. Geliat tingginya orang dari Dumai atau Pekanbaru melewati Tol Permai bisa dilihat saat akhir pekan lalu.

"Sekarang wisatawan lokal mulai naik sejak Tol Permai beroperasi. Masyarakat kita sebagian besar ada merasa tidak betah di rumah. Jadi terkadang keinginan untuk pergi [di masa pandemi] masih cukup tinggi. Apalagi Pekanbaru ke Dumai bisa ditempuh sangat cepat, bisa balik hari lagi," kata Dede Firmansyah.

Tetapi meski menjadi angin segar untuk wisata, Dede mengingatkan jangan sampai masyarakat abai protokol kesehatan. Sebab berwisata saat ini jauh sangat berbeda pada saat normal dahulu. Kalau memaksa sekali ingin wisata, pastikan terus pakai masker dan bawa stok masker yang lebih karena setiap 4 jam upayakan diganti. Lalu bawa hand sanitizer untuk mencuci tangan setiap saat dan tetap jaga jarak.

"Saat berfoto bersama jangan sungkan tetap memakai masker. Malu berjarak malu pula pakai masker. Ini harus dibiasakan bagi kita yang masih mau keluar rumah untuk berwisata agar tetap selalu terhindar dari virus corona ini. Ingat selalu 4M (Memakai masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan, dan Menjauhi kerumunan)," ujar Dede yang juga menjabat Wakil Ketua Umum KADIN Riau Bidang Industri Olahraga

Berdasarkan data pemerintah, perkembangan kasus positif di Riau sejak 28 Oktober hingga 1 November bertepatan dengan libur panjang cenderung menurun hari ke hari.

Pada 28 Oktober kasus terkonfirmasi positif sebanyak 252 orang, sempat naik besoknya menjadi 262 orang. Kemudian menurun drastis pada 30 Oktober 161 orang. Hari terakhir Oktober sebanyak 128 orang dan libur panjang terakhir 1 November turun menjadi 31 kasus positif.

Total kasus terkonfirmasi positif per 1 November di Riau mencapai 14.830 orang, isolasi mandiri 2421 orang, dirawat di rumah sakit 669 orang, sembuh sebanyak 11.402 dan meninggal dunia sebanyak 338 orang. (K42)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top