Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Positif Covid-19 di Riau Menurun, Pengamat Pariwisata Ingatkan Soal Prokes

Pengamat pariwisata Riau Dede Firmansyah mengatakan sejak beroperasinya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada 25 September lalu atmosfer wisata dua kota di Provinsi Riau itu mulai naik.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU — Tren kasus positif Covid-19 di Riau cenderung menurun selama libur panjang pekan lalu. Pengamat pariwisata Riau ingatkan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di lokasi wisata.

Pengamat pariwisata Riau Dede Firmansyah mengatakan sejak beroperasinya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada 25 September lalu atmosfer wisata dua kota di Provinsi Riau itu mulai naik. Geliat tingginya orang dari Dumai atau Pekanbaru melewati Tol Permai bisa dilihat saat akhir pekan lalu.

"Sekarang wisatawan lokal mulai naik sejak Tol Permai beroperasi. Masyarakat kita sebagian besar ada merasa tidak betah di rumah. Jadi terkadang keinginan untuk pergi [di masa pandemi] masih cukup tinggi. Apalagi Pekanbaru ke Dumai bisa ditempuh sangat cepat, bisa balik hari lagi," kata Dede Firmansyah.

Tetapi meski menjadi angin segar untuk wisata, Dede mengingatkan jangan sampai masyarakat abai protokol kesehatan. Sebab berwisata saat ini jauh sangat berbeda pada saat normal dahulu. Kalau memaksa sekali ingin wisata, pastikan terus pakai masker dan bawa stok masker yang lebih karena setiap 4 jam upayakan diganti. Lalu bawa hand sanitizer untuk mencuci tangan setiap saat dan tetap jaga jarak.

"Saat berfoto bersama jangan sungkan tetap memakai masker. Malu berjarak malu pula pakai masker. Ini harus dibiasakan bagi kita yang masih mau keluar rumah untuk berwisata agar tetap selalu terhindar dari virus corona ini. Ingat selalu 4M (Memakai masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan, dan Menjauhi kerumunan)," ujar Dede yang juga menjabat Wakil Ketua Umum KADIN Riau Bidang Industri Olahraga

Berdasarkan data pemerintah, perkembangan kasus positif di Riau sejak 28 Oktober hingga 1 November bertepatan dengan libur panjang cenderung menurun hari ke hari.

Pada 28 Oktober kasus terkonfirmasi positif sebanyak 252 orang, sempat naik besoknya menjadi 262 orang. Kemudian menurun drastis pada 30 Oktober 161 orang. Hari terakhir Oktober sebanyak 128 orang dan libur panjang terakhir 1 November turun menjadi 31 kasus positif.

Total kasus terkonfirmasi positif per 1 November di Riau mencapai 14.830 orang, isolasi mandiri 2421 orang, dirawat di rumah sakit 669 orang, sembuh sebanyak 11.402 dan meninggal dunia sebanyak 338 orang. (K42)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eko Permadi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper