Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi BBM Pertamax Lebih Dominan di Sumbar

PT Pertamina mencatat telah terjadi perubahan perilaku masyarakat Sumatra Barat selama diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam membeli bahan bakar minyak (BBM).
Antrean kendaraan untuk mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU Air Pacah Kota Padang, Sumatra Barat. /Bisnis-Noli Hendra
Antrean kendaraan untuk mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU Air Pacah Kota Padang, Sumatra Barat. /Bisnis-Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - PT Pertamina mencatat telah terjadi perubahan perilaku masyarakat Sumatra Barat selama diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam membeli bahan bakar minyak (BBM).

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo, mengatakan, dari data menunjukkan bahwa konsumen cenderung beralih ke Pertamax ketimbang Premium.

"Pada triwulan III 2020, misalnya. Pengguna kendaraan di Sumbar yang mengkonsumsi Pertamax meningkat rata-rata 48 persen, dibanding masa pra pandemi Januari dan Februari 2020," katanya melalui pesan kepada Bisnis di Padang, Senin (19/10/2020).

Selain itu Roby mengungkap tidak hanya Pertamax, konsumsi Pertamax Turbo juga menunjukkan lonjakan. Dibanding pra pandemi, BBM dengan RON tertinggi ini naik hingga 900 persen.

Lonjakan Pertamax Turbo, didukung dengan makin meluasnya cakupan layanan produk. Pada Desember 2019, baru tersedia 9 outlet penjualan. Kini, produk itu tersedia di 68 outlet pada 17 kabupaten kota di Sumbar.

"Secara keseluruhan, konsumsi BBM jenis bensin yaitu Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo pada bulan Juli hingga September 2020 di Sumbar mencapai lebih dari 1,8 juta liter per hari," jelas dia.

Lalu diikuti dengan Pertamax dan Pertamax Turbo, Pertalite mencatat kenaikan konsumsi 15 persen. Sedangkan konsumsi Premium pada triwulan ketiga adalah sebanyak 301.000 liter per hari.

Menurut dia untuk kategori BBM diesel, konsumen juga menunjukkan pergeseran pembelian. Konsumsi Pertamina Dex dan Dexlite di triwulan III 2020 masing-masing naik 96 dan 24 persen dibandingkan konsumsi pra pandemi.

Keseluruhan konsumsi BBM jenis diesel (Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex) untuk periode Juli hingga September 2020 mencapai 1,1 juta liter. Jumlah ini meningkat satu persen dibandingkan sebelum wabah Covid-19.

Untuk mendukung masyarakat menggunakan BBM berkualitas, Pertamina pun rajin memberi program diskon menarik. Mulai 12 Oktober, konsumen bisa menghemat Rp250 per liter untuk pembelian Pertamax.

"Jadi konsumen cukup melakukan transaksi non tunai menggunakan LinkAja dari aplikasi MyPertamina, potongan pun secara otomatis berlaku saat melakukan transaksi," ucap Roby.

Untuk bisa menikmati nya, PT Pertamina menyebutkan program diskon tersebut akan berakhir pada 31 Oktober 2020 nanti. (k56).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper