Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingat Pesan Ibu Psikolog saat Jenuh Hadapi Corona

Kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 harus tetap dijaga termasuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Mencegah tertular virus itu lebih baik daripada mengobatinya.
Saat terpaksa berbelanja atau ke pusat perbelanjaan selalu patuhi protokol kesehatan.
Saat terpaksa berbelanja atau ke pusat perbelanjaan selalu patuhi protokol kesehatan.

Bisnis.com, MEDAN - Psikolog yang juga Direktur Minauli Consulting Medan Irna Minauli mengatakan kondisi pandemi Covid-19 saat ini membuat warga jenuh namun mengharuskan masyarakat tetap waspada.

"Wabah Covid-19 ini lama-kelamaan menimbulkan stres sehingga kita mulai merasa tidak nyaman," ujar Minauli di Medan, Senin (12/10/2020).

Ia menyebutkan beberapa orang kemudian mencoba mencari hiburan dengan pergi keluar rumah dan bahkan ke tempat-tempat keramaian atau bahkan hiburan.

Ketika mereka merasa bahwa hal itu tidak berdampak apapun pada dirinya dan keluarga atau orang-orang yang dikenalnya, mulailah timbul keraguan tentang adanya bahaya penularan atau penyebaran Covid-19 ini. Namun kesadaran biasanya baru muncul kembali ketika mereka melihat atau mendengar langsung orang yang terinfeksi virus corona dan dampaknya.

"Pada saat itu biasanya kita akan belajar dari apa yang dilakukan orang lain," ucap dia.

Ia menegaskan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 harus tetap dijaga termasuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Menurut dia, mencegah tertular virus itu lebih baik daripada mengobatinya.

Kementerian Kesehatan memberikan panduan saat beraktivitas ke luar rumah, semisal belanja kebutuhan pokok. Bila hendak ke pasar atau pusat perbelanjaan diminta menyiapkan tas belanja, hand sanitizer dan catatan belanja.

"Biar enggak berlama-lama. Selalu ingat adaptasi kebiasaan baru ya [mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak]," imbau Direktorat Promkes, Kementerian Kesehatan.

Adaptasi kebiasaan baru diwujudkan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja. Selalu ingatkan lawan interaksi, semisal pedagang, untuk selalu mengenakan masker.

"Wajib pakai masker dan jaga jarak minimal 1 meter," jelasnya melalui video iklan layanan masyarakat.

Wajib pula dilakukan hindari menyentuh area wajah, hindari pula menyentuh barang-barang yang dipajang. Biasakan transaksi digital atau bayar menggunakan uang pas. Bila tidak memungkinkan pisahkan uang kembalian lalu pisahkan dan bersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Setelah kembali ke rumah biasakan untuk langsung mencuci tangan dengan sabun setidaknya 20 detik. Biasakan melakukan hidup bersih dan sehat, termasuk mencuci barang yang baru dibeli.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Kemenkes dan Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper