Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingat Pesan Ibu Psikolog saat Jenuh Hadapi Corona

Kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 harus tetap dijaga termasuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Mencegah tertular virus itu lebih baik daripada mengobatinya.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  13:00 WIB
Loading the player ...
Saat terpaksa berbelanja atau ke pusat perbelanjaan selalu patuhi protokol kesehatan.

Bisnis.com, MEDAN - Psikolog yang juga Direktur Minauli Consulting Medan Irna Minauli mengatakan kondisi pandemi Covid-19 saat ini membuat warga jenuh namun mengharuskan masyarakat tetap waspada.

"Wabah Covid-19 ini lama-kelamaan menimbulkan stres sehingga kita mulai merasa tidak nyaman," ujar Minauli di Medan, Senin (12/10/2020).

Ia menyebutkan beberapa orang kemudian mencoba mencari hiburan dengan pergi keluar rumah dan bahkan ke tempat-tempat keramaian atau bahkan hiburan.

Ketika mereka merasa bahwa hal itu tidak berdampak apapun pada dirinya dan keluarga atau orang-orang yang dikenalnya, mulailah timbul keraguan tentang adanya bahaya penularan atau penyebaran Covid-19 ini. Namun kesadaran biasanya baru muncul kembali ketika mereka melihat atau mendengar langsung orang yang terinfeksi virus corona dan dampaknya.

"Pada saat itu biasanya kita akan belajar dari apa yang dilakukan orang lain," ucap dia.

Ia menegaskan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 harus tetap dijaga termasuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Menurut dia, mencegah tertular virus itu lebih baik daripada mengobatinya.

Kementerian Kesehatan memberikan panduan saat beraktivitas ke luar rumah, semisal belanja kebutuhan pokok. Bila hendak ke pasar atau pusat perbelanjaan diminta menyiapkan tas belanja, hand sanitizer dan catatan belanja.

"Biar enggak berlama-lama. Selalu ingat adaptasi kebiasaan baru ya [mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak]," imbau Direktorat Promkes, Kementerian Kesehatan.

Adaptasi kebiasaan baru diwujudkan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja. Selalu ingatkan lawan interaksi, semisal pedagang, untuk selalu mengenakan masker.

"Wajib pakai masker dan jaga jarak minimal 1 meter," jelasnya melalui video iklan layanan masyarakat.

Wajib pula dilakukan hindari menyentuh area wajah, hindari pula menyentuh barang-barang yang dipajang. Biasakan transaksi digital atau bayar menggunakan uang pas. Bila tidak memungkinkan pisahkan uang kembalian lalu pisahkan dan bersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Setelah kembali ke rumah biasakan untuk langsung mencuci tangan dengan sabun setidaknya 20 detik. Biasakan melakukan hidup bersih dan sehat, termasuk mencuci barang yang baru dibeli.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Kemenkes dan Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top