Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Riau Surati Presiden Tolak UU Cipta Kerja

Gubernur meneruskan aspirasi dari serikat buruh dan mahasiswa. Bahwa menolak pemberlakukan Undang-undang Omnibus law.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  08:27 WIB
Gubernur Riau Syamsuar. - Bisnis/Dwi Nicken Tari
Gubernur Riau Syamsuar. - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar menyurati Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meneruskan aspirasi terkait menolak pemberlakuan Undang-undang Cipta Kerja atau Omnibus Law setelah serangkaian aksi protes dan demonstrasi berbagai elemen di Bumi Lancang Kuning.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Riau H Jonli memastikan adanya surat Syamsuar ke Jokowi adalah benar. Surat tersebut bertanggal Senin (12/10/20).

"Pak Gubernur meneruskan aspirasi dari serikat buruh dan mahasiswa. Bahwa menolak pemberlakukan Undang-undang Omnibus law," kata Jonli dari keterangan resmi, Senin (12/10/2020).

Jonli menjelaskan sebagai kepala daerah, Gubernur Riau berkewajiban untuk menampung aspirasi masyarakat. Selanjutnya, aspirasi itu disampaikan ke presiden.

Dalam surat Gubri Nomor 560/Disnaker/2298 tertanggal 12 Oktober 2020 itu disebutkan, Pemerintah Provinsi Riau meneruskan aspirasi Serikat Pekerja/Buruh Provinsi Riau dan/atau Elemen Mahasiswa Riau yang menyatakan menolak pemberlakukan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang telah disahkan.

Selain Gubernur Riau, DPRD Riau lebih dulu menerbitkan surat menolak Omnibus Law pada Jumat (9/10/2020). Desakan itu dari mahasiswa, serikat pekerja dan Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR). Selain menolak, Pimpinan DPRD juga menyampaikan aspirasi meminta Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu).

Sebelumnya, gelombang protes penolakan UU Cipta Kerja sudah dimulai sejak Rabu (7/10/2020) oleh mahasiswa Universitas Islam Riau. Kemudian puncak aksi terjadi pada besoknya Kamis dengan massa yang lebih banyak lagi dari Koalisi Rakyat Riau.

Gelombang penolakan berlanjut pada Jumat oleh Himpunan mahasiswa Cipayung plus Riau. Tak hanya berpusat di depan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau, aksi protes juga terjadi di berbagai kabupaten di Riau seperti di Kuantan Singingi dan Kepulauan Meranti.(K42)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau cipta kerja
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top