Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musi Banyuasin Kembangkan Sentra Kain Gambo Muba

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, mengembangkan sentra produksi kain khas daerah tersebut, Gambo Muba, di Desa Ulak Teberau, Kecamatan Lawang Wetan.
Motif kain Gambo Muba yang digunakan pada masker yang dikenakan oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex
Motif kain Gambo Muba yang digunakan pada masker yang dikenakan oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, mengembangkan sentra produksi kain khas daerah tersebut, Gambo Muba, di Desa Ulak Teberau, Kecamatan Lawang Wetan.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba, Azizah, mengatakan, penetapan desa itu sebagai kawasan sentra produksi tak lain untuk merespons meningkatnya permintaan terhadap kain Gambo Muba.

“Permintaan kain Gambo Muba malah meningkat pada masa pandemi lantaran banyak untuk dijadikan bahan baku masker kain,” katanya dalam keterangan pers, Jumat (9/10/2020).

Saat ini terdapat 108 penenun kain jumputan Gambo Muba di desa itu dari semula hanya 4 orang pada 2017. Desa Ulak Teberau ini diyakini sebagai tempat asal muasal kerajinan tenun Gambo Muba.

Minat pasar semakin meningkat karena gencar dilakukan promosi di sejumlah pameran skala nasional dalam dua tahun terakhir.

Dia mengatakan, dengan memiliki sentra produksi ini diharapkan produktivitas penenun semakin meningkat sehingga pangsa pasar juga turut terdongkrak.

“Jika sudah ada kawasan produksinya maka berapa pun permintaan pasar mudah-mudahan dapat terpenuhi sehingga kesejahteraan penenun semakin bertambah,” kata dia.

Pemkab juga terus memasarkan produk berbahan alami getah gambir ini, salah satunya dengan mengandeng perusahaan furniture Savana Furniture.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan sejak setahun terakhir fokus pada peningkatan kualitas produk dan promosi. Sementara pada 2019 dan 2020 berupaya meningkatkan kuantitas penjualan.

Target ini sangat mungkin tercapai karena kain yang menggunakan pewarna alami getah gambir ini dapat diaplikasikan dengan bahan-bahan industri interior, misalnya bahan velvet interior, vitrage, tenun dan linen.

Namun, produk yang dihasilkan ini masih awal sehingga perlu dilakukan banyak kolaborasi dengan para desainer.

"Kami sengaja meluaskan lini produk Gambo ini tak lain demi keberlangsungan industri Gambo Muba yang menjadi sumber penghasilan tambahan keluarga di desa-desa," kata Dodi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper