Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UMKM Sumsel Didorong Manfaatkan E-Commerce untuk Perluas Pasar

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sumatra Selatan didorong untuk memanfaatkan e-commerce sebagai sarana pemasaran agar mampu bertahan selama masa pandemi Covid-19.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 17 September 2020  |  16:55 WIB
Pindang ikan Palembang, salah satu kuliner Palembang yang terkenal selain pempek dan banyak diproduksi UMKM. - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Pindang ikan Palembang, salah satu kuliner Palembang yang terkenal selain pempek dan banyak diproduksi UMKM. - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Bisnis.com, PALEMBANG - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sumatra Selatan didorong untuk memanfaatkan e-commerce sebagai sarana pemasaran agar mampu bertahan selama masa pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Musiawati mengatakan berdasarkan hasil survei, UMKM yang eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemi adalah mereka yang terhubung dengan market place atau e-commerce.

“Oleh karena itu kami terus berupaya mendorong pelaku UKM agar masuk ke pasar e-commerce agar tetap eksis usahanya,” katanya saat acara Pelatihan Vocational Berbasis Ecommerce bagi UMKM Bidang Fashion, Kamis (17/9/2020).

Musiawati mengatakan pihaknya pun bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan vokasi berbasis e-commerce untuk 100 pelaku UKM di provinsi itu.

Dalam pelatihan tersebut, kata dia, pelaku usaha diharapkan bisa mendapatkan strategi untuk beradaptasi pada masa pandemi.

Musiawati menambahkan, pemerintah sebetulnya telah memberikan banyak dukungan untuk UMKM agar bisa bertahan.

Salah satunya, melalui bantuan langsung tunai (BLT) untuk para pelaku UMKM yang terkena dampak Covid-19 senilai total Rp2,4 juta.

“Memang pendaftaran bantuan tersebut telah ditutup pada 10 September 2020 lalu, namun bagi pelaku UMKM yang belum mendaftar karena ketinggalan informasi bisa langsung mendatangi kantor perwakilan UMKM di kabupaten/kota masing-masing untuk informasi lebih lanjut,” kata dia.(Riska Mutia)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm sumsel
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top