Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Biaya Logistik di Batam Turun, Jalur Transaksi Dipotong

BP Batam menyederhanakan pada alur transaksi, dari pemilik kargo langsung ke pengirim barang.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 11 September 2020  |  15:27 WIB
Anggota Bidang Pengusahaan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Syahril Japarin. - Bisnis/Bobi Bani.
Anggota Bidang Pengusahaan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Syahril Japarin. - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM - Realisasi penurunan logistic cost keluar masuk Kota Batam sudah mulai diberlakukan. Pemberlakuan tarif baru yang lebih murah sesuai permintaan dunia usaha di Batam ini sudah berjalan sejak sekitar seminggu belakangan.

Anggota Bidang Pengusahaan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Syahril Japarin menuturkan, tarif baru ini didapat dari hasil koordinasi BP Batam dengan para pengusaha terkait. Pada prosesnya ada beberapa skema yang dipakai untuk merealisasikan penurunan tarif logistik.

"Kami sudah panggil pemilik kontainer, juga menanyakan berapa biaya mereka sebelumnya dan kita bisa bantu," kata Syahril di Batam pada Jumat (11/9/2020)

Dari kendala atau tantangan yang dihadapi para pengusaha ini, BP Batam, kata Syahril, langsung bergerak melakukan penyederhanaan pada alur transaksi, dari pemilik kargo langsung ke pengirim barang. Meskipun demikian, Syahril mengaku belum bisa memberikan penjelasan lengkap terkait berapa besaran penurunan tarif kargo ini.

"Kami bantu memutus mata rantai yang sebelumnya panjang, dari kargo owner langsung ke pengirim barang," kata Syahril lagi.

Selain dari sisi penyederhanaan alur transaksi, skema penurunan biaya keluar masuk kargo di Batam juga dilakukan dengan penyedian depo kontainer yang lokasinya lebih dekat dengan lokasi bongkar muat di pelabuhan Batu Ampar, sehingga akan lebih murah dan efisien. Depo kontainer ini juga memiliki standar internasional.

Jalan lainnya, BP Batam telah mengajukan penurunan harga BBM untuk kapal angkut kargo. Batam sebagai wilayah yang khusus, kata Syahril seharusnya bisa mendapatkan keistimewaan, termasuk dalam hal tarif BBM yang berpengaruh besar pada harga keluar masuk kargo di Batam.

"Kami minta dukungan dari pemerintah dan Pertamina. Mengingat kita ini sudah khusus, tapi masak diberlakukan seperti daerah lain. Harusnya kita lebih murah 10 persen. Kami sudah diajukan, tinggal menunggu realisasinya dari Pertamina," jelasnya.(K41)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top