Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Kepri Positif Corona, Walkot Batam bukan Close Contact

Wali Kota Batam Muhammad Rudi tidak termasuk dalam close contact dengan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 pada Sabtu (1/8) lalu.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  13:23 WIB
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. - Bisnis/Bobi Bani
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. - Bisnis/Bobi Bani

Bisnis.com, BATAM - Wali Kota Batam Muhammad Rudi tidak termasuk dalam close contact dengan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 pada Sabtu (1/8) lalu.

Walikota Batam sempat kontak langsung dengan Isdianto dalam acara syukuran di Gedung LAM Provinsi Kepri, Tanjungpinang pada Selasa (28/7) lalu.

Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, menjelaskan kontak yang dilakukan keduanya, tidak sampai 15 menit dan masing-masing menggunakan masker.

Rudi hadir didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Batam, antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra Yusfa Hendri, Asisten Administrasi Umum Heriman, Kepala Bappelitbangda Wan Darussalam, Kepala Dinas Kominfo Azril Apriansyah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ardiwinata, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Firmansyah, Kepala Dinas Pendidikan Hendri Arulan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Herman Rozie, dan Kepala Dinas Kesehatan Didi Kusmarjadi.

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) no.01.07/MENKES/ 413/2020, kontak erat (close contact) sendiri adalah berdekatan dalam jarak 1 meter minimal 15 menit. Jika kontak ditemukan tanpa gejala maka dilakukan pemantauan selama 14 hari.

"Pak Wali (Muhammad Rudi) bukan termasuk kategori kontak erat dan tidak bergejala (asimptomatis)," kata Didi pada Senin (3/8/2020).

Meskipun demikian, desakan agar Rudi menjalani pemeriksaan Swab terus berdatangan, walaupun ia tidak termasuk kategori kontak erat dan tidak bergejala (asimptomatis).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Azril Apriansyah saat dihubungi pada Senin (3/8) hari ini menyampaikan, Rudi telah dilakukan pengambil swab tenggorokan untuk untuk pemeriksaan PCR Covid-19. Hal itu disampaikan Rudi dalam sebuah penyerahan simbolis insentif kader posyandu Kecamatan Batuaji, Batam di SMK Negeri 1 Batam pagi tadi.

“Tamadi beliau (Wako) sendiri yang langsung menyampaikan, dia sudah Swab,” tutur Azril.

Terkait dengan detail pemeriksaan Swab yang dijalani Rudi, Azril mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Karena informasi tersebut juga baru diketahuinya.

“Detailnya, saya tidak tahu,” kata Azril.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam kepri Virus Corona
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top