Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BUMD Sumut Dhirga Surya Sasar Usaha Beras, Demi Kesejahteraan Petani

BUMD milik Pemprov Sumut, PT Dhirga Surya Sumatera Utara, akan mengembangkan usahanya untuk penjualan beras, demi meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup petani, salah satunya dengan memutus rantai tengkulak.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  14:00 WIB
Ilustrasi. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, MEDAN - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Sumut, PT Dhirga Surya Sumatera Utara, akan mengembangkan usahanya untuk penjualan beras. 

Direktur Utama Dhirga Surya Isfan Fachrudin mengatakan rencana bisnis itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup petani, salah satunya dengan cara memutus rantai tengkulak. 

Perseroan akan membeli gabah langsung dari petani dan menjaga harga dasar gabah kering panen (GKP) petani yang layak atau minimal Rp4.500 per kg. Pada tahap awal, perseroan akan menyasar pasar ASN. Pihaknya akan menyediakan kebutuhan beras bagi 29.289 ASN atau sekitar 900 ton. 

"Dari beberapa kali pertemuan dan diskusi yang difasilitasi oleh Dinas PMD, beberapa Bumdes di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Langkat menyatakan kesediaan untuk kerja sama," paparnya dalam keterangan resmi, Kamis (18/6/2020). 

Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah meminta perseroan dapat memprioritaskan nasib petani. Di samping itu, usaha tersebut juga dapat membawa keuntungan yang berkontribusi pada PAD. Selain melibatkan Bumdes, perseroan juga perlu melibatkan koperasi di desa-desa. 

"Usaha ini juga harus mampu membantu memperbaiki nasib para petani, menghasilkan beras berkualitas dengan harga terjangkau dan tentunya membawa keuntungan hasil penjualan yang berkontribusi pada PAD kita," pesannya. 

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumatra Utara Nomor 6 Tahun 2014, PT Dhirga Surya bergerak di bidang usaha-usaha perhotelan dan kegiatan lainnya seperti sarana pelayanan kesehatan komersial, pendidikan dan pelatihan, biro perjalanan dan transportasi wisata, MICE. Pada 2019, Dhirga Surya menyetor dividen ke Pemprov Sumut sebesar Rp145 juta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Beras petani pemprov sumut
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top