Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumbar Gratiskan Tes Covid-19 di Bandara dan 9 Pintu Masuk Demi Bebas Corona

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menyiapkan tes swab dan rapid Covid-19 dalam rangka menggenjot kedatangan wisatawan ke Ranah Minang.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  13:56 WIB
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno - Irwan-prayitno.com
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno - Irwan-prayitno.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat akan menyiapkan tes swab dan rapid Covid-19 dalam rangka menggenjot kedatangan wisatawan ke Ranah Minang.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam konferensi lewat video bersama kepala dinas pariwisata kabupaten/kota se-Sumatera Barat. 

Menurut Irwan, kemudahan bagi pengunjung memasuki Sumbar dengan jaminan bebas Covid-19 akan dapat menggairahkan kembali sektor pariwisata yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian daerahnya. 

Selanjutnya, pemulihan sektor pariwisata juga diharapkan memberi dampak multiplier hingga ke penguatan kembali ekonomi Sumbar pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kita membuka diri [agar] orang datang ke Sumbar, dengan melakukan [tes] swab gratis bagi pengunjung lewat penerbangan Bandara Internasional Minangkabau dan melakukan rapit test di 9 pintu masuk Sumbar bagi yang lewat jalur darat. Hal ini tentu akan menciptakan wisata Sumbar bebas Covid-19,” kata Irwan melalui keterangan resmi, Selasa (9/6/2020).

Adapun, saat ini Pemprov Sumbar masih mempersiapkan sejumlah aturan untuk dapat menghidupkan kembali sektor pariwisata yang mati suri. Untuk saat ini, Irwan menyampaikan, pemerintah Sumbar akan memberikan tes swab gratis kepada setiap pengelola agen wisata, wisatawan, dan perhotelan.

Sementara untuk destinasi wisata sampai saat ini belum dibuka. Irwan mengatakan, persiapan akan terus dilakukan sembari berkoordinasi dengan pihak destinasi wisata, perhotelan, dan pemerintah daerah untuk mempromosikan wisata Sumbar yang bebas Covid-19.

Untuk bupati dan walikota, Irwan pun menginstruksikan agar dibuat peraturan bupati maupun peraturan wali kota yang sesuai dengan peraturan gubernur untuk memastikan produktivitas kegiatan ekonomi selama masa kenormalan baru.

"Tentunya dalam pelaksanaan pariwisata ada juga hendaknya memperhatikan kaedah-kaedah norma budaya masing-masing daerah dalam kegiatan promosi Wisata Sumbar Bebas Covid-19,” ujar Irwan.

Dalam rapat virtual tersebut juga diingatkan agar tempat wisata dan perhotelan benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti pemeriksaan suhu tubuh, ketersediaan tempat cuci tangan, dan mewajibkan pemakaian masker.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top