Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Bakal Tambah 3 Tower Isolasi di Wisma Atlet Jakabaring

Pemprov Sumatra Selatan berencana menambah tiga tower baru di Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang untuk memenuhi kebutuhan ruang isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19 di daerah itu.
Petugas medis melayani rapid test di Rumah Sehat Covid-19 Jakabaring Sport City Palembang. Bisnis-dinda wulandari
Petugas medis melayani rapid test di Rumah Sehat Covid-19 Jakabaring Sport City Palembang. Bisnis-dinda wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan berencana menambah tiga tower baru di Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang untuk memenuhi kebutuhan ruang isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19 di daerah itu.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan rencana penambahan itu seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang berkenan diisolasi di Rumah Sehat Jakabaring Wisma Atlet JSC.

“Ini komitmen Pemprov menangani Covid-19. Makanya, saya juga akan mengingatkan bupati dan walikota agar serius menangani pandemi ini, kan sudah dibentuk gugus tugas di tiap kabupaten/kota,” katanya, Kamis (4/6/2020).

Mawardi mengatakan penambahan tiga tower tersebut, yakni tower 4, tower 5 dan tower 6. Sementara itu, tower wisma atlet yang telah terpakai untuk penanganan Covid-19 adalah tower 8 dan tower 7.

“Sekarang ini tower 8 sudah penuh dan tower 7 sudah separuh terisi sekitar 40 kamar. Makanya kita siapkan tower 4, 5, dan 6. Jadi kalau tidak kita siapkan sekarang kapan lagi,” ujarnya.

Tak hanya menyediakan tower tambahan, kata Mawardi, pihaknya juga telah melakukan rapat terkait dengan kebutuhan anggaran yang akan diperlukan baik dari sisi kesehatan maupun perlengkapan.

Mawardi mengatakan, Rumah Sehat Jakabaring telah mendapat apresiasi dari pusat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Dia menilai apresiasi itu lantaran penerapan layanan sesuai dengan SOP dan protokol kesehatan, mulai dari penyambutan pasien, pengecekan, penempatan, serta pemulangan.

“Kami dari awal memang tegas, tanpa ada rujukan dari RS tidak ada yang bisa masuk. Dan itu berlaku sampai sekarang. Merekapun benar-benar kami layani sesuai SOP,” katanya.

Dia mengatakan meskipun dalam satu kamar tersedia empat tempat tidur, tetapi pihaknya memastikan ada pengaturan yang ketat. “Walaupun satu kamar ada empat tempat tidur, tapi untuk yang tidak satu keluarga kami siapkan tersendiri. Jadi satu kamar bisa dihuni satu orang saja,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Harian Rumah Sehat Covid 19 Jakabaring, Aufa Syahrizal, mengatakan pihaknya meminta pemprov juga menambah fasilitas dan peralatan lain, seperti disinfektan dan alat pelindung diri (APD) jika akan menambah tower.

Menurut Aufa, pihaknya sejak awal juga sudah melakukan MoU dengan manajemen JSC terkait dengan penggunaan wisma atlet untuk penanganan Covid-19. Hal ini tak lain untuk menghindari kesalahan administrasi. 

“Saat ini ODP ada sebanyak 62 orang dan PDP  berjumlah 93 orang. Sehingga total mereka yang menjalani isolasi di Rumah Sehat Covid 19 Jakabaring menjadi 156 orang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper