Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

17.054 Pelanggan PDAM Tirta Musi Palembang Bebas Tagihan

Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Musi Palembang membebaskan tagihan bagi 17.054 pelanggan karena dinilai rentan terkena dampak ekonomi dari pandemi corona.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 14 April 2020  |  14:23 WIB
Ilustrasi instalasi pengolahan air bersih.
Ilustrasi instalasi pengolahan air bersih.

Bisnis.com, PALEMBANG – Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Musi Palembang membebaskan tagihan bagi 17.054 pelanggan karena dinilai rentan terkena dampak ekonomi dari pandemi corona.

Manager PDAM Tirta Musi Palembang, Merry Ariyanda, mengatakan pembebasan tagihan untuk belasan ribu pelanggan itu berlaku selama 2 bulan, yakni pada bulan Mei dan Juni 2020.

“Total tagihan untuk pelanggan yang dibebaskan selama 2 bulan itu mencapai Rp2,24 miliar,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Dia menjelaskan pelanggan tersebut terdiri dari 4 kategori, di mana mayoritas merupakan kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 13.591 pelanggan dengan total tagihan mencapai Rp812,65 juta.

Sisanya berasal dari kategori IA (hydrant, ledeng umum dan rumah yatim piatu) sebanyak 30 pelanggan dengan total tagihan Rp2 juta, kategori IB (tempat ibadah, pesantren, badan sosial, rumah jompo, kantor yayasan yatim piatu) sebanyak 2.143 pelanggan dengan total tagihan Rp231,28 juta. 

Selanjutnya pelanggan kategori IC (rumah sangat sederhana, rumah susun sangat sederhana) sebanyak 1.290 pelanggan juga mendapatkan pembebasan tagihan senilai total Rp75,32 juta.

“Dengan total 17.054 pelanggan, kami hitung pemakaian kubikasi mencapai 473.361 m3 dengan total tagihan Rp1,12 miliar per bulan,” katanya.

Perusahaan berharap kebijakan keringanan tersebut dapat menjaga perekonomian masyarakat selama wabah Covid-19 terutama yang terdampak. 

“Diharapkan dengan adanya hal ini dapat menjaga dan memperkuat ekonomi masyarakat terhadap dampak pandemi tersebut,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palembang pdam Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top