Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

1,61 Juta Pelanggan PLN Sumut Dapat Keringanan Bayar Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatra Utara mencatat sebanyak 1,61 juta pelanggan listrik bersubsidi memperoleh keringanan pembayaran listrik di tengah wabah Covid-19.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 09 April 2020  |  21:25 WIB
Warga memeriksa meteran listrik prabayar, Selasa (11/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Warga memeriksa meteran listrik prabayar, Selasa (11/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, MEDAN - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatra Utara mencatat sebanyak 1,61 juta pelanggan listrik bersubsidi memperoleh keringanan pembayaran listrik di tengah wabah virus corona (COVID-19).

Keringanan pembayaran listrik tersebut berupa listrik gratis untuk golongan daya 450 VA dan diskon 50% untuk daya 900 VA  selama April-Juni 2020. 

Manajer Strategi Pemasaran PLN Sumut Hasiholan Purba mengatakan total pelanggan bersubsidi di Sumatra Utara sebanyak 1,61 juta pelanggan. Angka ini terdiri dari 1,27 juta pelanggan dengan golongan daya 450 VA, sedangkan sisanya yakni 341.000 pelanggan merupakan golongan daya 900 VA.

"Kebijakan ini akan berjalan selambatnya 11 April mendatang," katanya dikutip dari siaran pers, Selasa (9/4/2020).

Dia menambahkan jumlah pelanggan listrik bersubsidi berdasarkan data terpadu yang bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Bagi masyarakat yang belum memperoleh keringanan pembayaran, dapat mengajukan permohonan ke kelurahan maupun kecamatan setempat.

Nantinya petugas akan mendata pemohon untuk diusulkan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Selanjutnya, tim akan melakukan survei untuk memastikan pemohon memenuhi syarat untuk masuk dalam kategori pelanggan listrik bersubsidi.

"Kalau bapak atau ibu layak, itu akan dimasukkan. Jadi bukan kami yang menentukan dapat subsidi atau tidak," imbuhnya menjawab pertanyaan masyarakat. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

listrik
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top