Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Positif Corona di Sumsel Bertambah Jadi 5 Orang

Jumlah kasus positif terjangkit corona virus disease (covid-19) di Sumatra Selatan bertambah jadi 5 kasus pada Selasa (31/3/2020).
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)

Bisnis.com, PALEMBANG – Jumlah kasus positif terjangkit corona virus disease (COVID-19) di Sumatra Selatan bertambah menjadi lima kasus pada Selasa (31/3/2020).

Jumlah tersebut sesuai dengan data yang dilansir gugus tugas pencegahan dan penanggulangan COVID-19 dalam situs resmi corona.sumselprov.go.id.

Juru bicara gugus tugas pencegahan dan penanganan COVID-19 Sumsel, Yusri, mengatakan terdapat penambahan tiga kasus positif pada Selasa (31/3) dari sebelumnya dua kasus.

“Iya ada tiga tambahan kasus positif COVID-19 baru, sehingga total kasus atau pasien yang dinyatakan positif dari Sumsel menjadi lima. Untuk pasien nomor 01 dan 02 sudah meninggal dunia,” ujarnya.

Yusri mengatakan tambahan tiga kasus baru penderita COVID-19 itu, masing-masing satu berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), satu pasien dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dan satu pasien tambahan dari Kota Prabumulih.

Dia mengatakan, untuk pasien asal OKU dan OKI diketahui sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit. 

Sementara itu, untuk satu pasien tambahan dari Kota Prabumulih merupakan kelompok orang risiko tinggi yang sempat kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 dengan nomor kasus 02.

"Untuk pasien asal OKU dan OKI merupakan warga biasa, sementara yang dari Prabumulih merupakan tenaga medis yang sempat merawat pasien positif COVID-19. Semuanya kini menjalani perawatan di RSMH Palembang," katanya.

Menurutnya, penentuan kasus positif ini awalnya berdasarkan hasil uji polymerase chain reaction (PCR) di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. Kemudian setelah hasil dinyatakan positif, sampel dikonfirmasi ulang ke Balitbangkes di Jakarta.

"Setelah hasil laboratorium dinyatakan sama, maka barulah dapat dipastikan atau terkonfirmasi jika sampel itu positif COVID-19," katanya.

Sementara itu, Juru bicara gugus tugas pencegahan dan penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yuwono, menambahkan untuk pasien OKU dan OKI kasus penularan melalui imported cases atau kasus yang dibawa dari luar. 

Sementara untuk pasien asal Prabumulih sifatnya transmisi lokal karena tertular dari penderita COVID-19 yang sempat dirawatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper