Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rapid Test Corona di Sumut Hanya untuk 3.600 Orang. Ini Lokasi Prioritasnya

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara segera melakukan rapid test Covid-19 kepada 3.600 orang. Pelaksanaan rapid test Covid-19 akan diprioritaskan di kabupaten/kota dengan jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) paling banyak.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  19:37 WIB
Petugas medis berada di dalam ruangan infeksius Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/3/2020). Pihak RSUP Adam Malik mengumumkan empat warga yang dirawat rumah sakit itu terkait dugaan COVID-19 dinyatakan negatif dan tiga orang diantaranya sudah dipulangkan. ANTARA FOTO - Septianda Perdana
Petugas medis berada di dalam ruangan infeksius Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/3/2020). Pihak RSUP Adam Malik mengumumkan empat warga yang dirawat rumah sakit itu terkait dugaan COVID-19 dinyatakan negatif dan tiga orang diantaranya sudah dipulangkan. ANTARA FOTO - Septianda Perdana
Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara segera melakukan rapid test Virus Corona atau Covid-19 kepada 3.600 orang. Pelaksanaan rapid test Covid-19 akan diprioritaskan di kabupaten/kota dengan jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) paling banyak. 
 
Riadil Akhir Lubis, Kepala Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumut, mengatakan Sumatra Utara mendapatkan kuota alat rapid test Covid-19 sebanyak 3.600 orang. 
 
Angka ini diperoleh setelah Gubernur Edy Rahmayadi mengikuti rapat terbatas bersama dengan Presiden dan seluruh gubernur melalui video conference pada hari ini (24/3/2020). 
 
"Kita akan melakukan rapid tes massal. Kita mendapat 3.600 alat rapid test," katanya dalam konferensi pers pada Selasa (24/3/2020). 
 
Lantas, daerah mana yang akan menjadi prioritas? Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Utara Alwi menyampaikan rapid test Covid-19 akan memperkuat upaya pemerintah memutus rantai penularan Virus Corona. 
 
Dia mengatakan pelaksanaan rapid test Covid-19 akan dilakukan di kabupaten/kota yang memiliki jumlah ODP paling banyak. 
 
"Sampai saat ini rapid test yang kita pesan belum sampai. [Ini akan dilakukan] dimulai dari daerah yang banyak ODP-nya," katanya dalam konferensi pers pada Senin (23/3/2020).
 
Jumlah ODP di Sumut mengalami peningkatan 628 orang menjadi 1.391 orang per Selasa (24/3/2020) pukul 17.00 WIB. Jumlah ODP paling banyak berada di Kota Medan, diikuti Deli Serdang, Pematang Siantar, Asahan, Binjai, dan Pakpak Bharat. 
 
Sementara itu, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) meningkat 3 orang menjadi 53 pasien. Jumlah kasus positif Covid-19 di Sumut tercatat 8 orang, di mana 7 pasien masih dirawat dan 1 orang meninggal dunia. 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top