Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Khofifah Kirim Misi Dagang ke Pekanbaru

Pemerintah Provinsi Riau bersama Provinsi Jawa Timur mempererat kerjasama perdagangan antar dua wilayah guna mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 05 Maret 2020  |  18:51 WIB
Gubernur Khofifah Kirim Misi Dagang ke Pekanbaru
Ilustrasi - Bank Indonesia Perwakilan Riau menyelenggarakan Workshop Onboarding UMKM Riau 2020 pada 26--27 Februari 2020. - Bisnis/Dwi Nicken Tari
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemerintah Jawa Timur menggandeng Pemerintah Riau untuk mempererat kerjasama antar daera.

Decymus, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Riau menyebutkan inisiasi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ini dapat memperkuat perekonomian Indonesia. Langkah kerjasama antar daerah juga dapat memperkuat kerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Para kepala daerah yang menjalin sinergi dapat saling memenuhi kebutuhan kedua wilayah tanpa harus menjalankan mekanisme pasar.

“Kegiatan misi dagang merupakan upaya penguatan kinerja perdagangan dalam negeri, perluasan jaringan pasar produk unggulan termasuk komoditas ketahanan pangan dalam rangka pengendalian inflasi dan peningkatan kerjasama antardaerah,” kata Decymus melalui keterangan tertulis, Kamis (5/3/2020).

Bank Indonesia mengharapkan misi dagang antara Riau dan Jatim ini berfokus pada perdagangan barang yang terpengaruh inflasi. Selain itu kerja sama antar pengusaha kedua daerah juga membantu mempekuat pertumbuhan ekonomi.

Dalam rangkaian kegiatan misi dagang tersebut, BI bakal berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menyelenggarakan Gala Diner. Dalam hajatan tersebut, para pelaku usaha antardaerah akan dipertemukan. Dalam pertemuan itu pengusaha Jawa Timur dan Riau dapat saling menggali potensi kerjasama, memetakan permasalahan, dan menyelesaikan kendala dalam implementasi perdagangan antardaerah. Pertemuan ini juga diharapkan memperkokoh sinergi dalam mempermudah akses perdagangan antar kedua wilayah..

Pada pertemuan misi dagang itu, pada hari ini, Kamis (5/3/2020) telah ditandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Pemprov Riau dan Jatim. Juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau dan Jatim, PKS antara Dinas Peternakan Riau dan Jatim, dan PKS antara DPM—PTSP Riau dan Jatim. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan kegiatan pertemuan bisnis dan transaksi bisnis antara kedua provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

khofifah
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top