Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virus Corona: Gubernur Herman Deru Pastikan Sumsel Masih Aman

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru memastikan provinsi itu masih dalam kondisi aman dari penyebaran virus corona.
Ilustrasi/ Bloomberg
Ilustrasi/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru memastikan provinsi itu masih dalam kondisi aman dari penyebaran virus corona seiring belum adanya penduduk yang  positif terserang virus asal Wuhan, China tersebut.

“Sampai sekarang, saya masih berani bilang belum ada yang indikasi terserang corona, baik yang datang dari luar [Sumsel] maupun masyarakat di sini. Insyaallah masih aman,” katanya, Rabu (4/3/2020).

Namun demikian, kata dia, pemerintah daerah mulai dari jajaran provinsi, kabupaten/kota, hingga tingkat desa di daerah itu tetap waspada terhadap virus Covid-19 itu. 

“Kesiagaan itu bukan karena ada serangan wabah tertentu saja, tetapi memang kita harus selalu waspada,” katanya.

Dia menjelaskan kewaspadaan tersebut dapat terlihat mulai dari pengawasan di Bandara Internasional SMB II Palembang, yang merupakan pintu utama kedatangan dari luar negeri di daerah itu. 

Menurut dia, pihak bandara hingga kini terus menggunakan alat pengukur suhu tubuh (thermal scanner) di setiap gerbang keberangkatan maupun kedatangan penumpang.

“Terus perketat pengawasan bandara, ada isu virus atau tidak bandara tetap siaga untuk ukur suhu tubuh,” katanya.

Gubernur pun meminta masyarakat agar tidak gaduh dan menjadikan wabah Corona menjadi bahan obrolan baik, terutama sosial media. Pasalnya kondisi itu cenderung berpotensi menimbulkan hoax.

“Sumsel itu belum ada, yang ada tanda-tanda mendekati indikasi bahwa ini suspect corona, panas tinggi dan batuk. Akan tetapi itu belum bisa dikatakan pasti corona, tunggu hasil lab dong,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper