Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musi Banyuasin Garap Potensi SDM di Sektor Migas

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin,meningkatkan potensi sumber daya manusia atau SDM setempat di bidang migas dengan menggandeng lembaga vokasi bidang teknik perminyakan dan gas Petrotekno.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  18:21 WIB
Dermaga Pelabuhan Tanjung Api-api di Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. - Antara/Feny Selly
Dermaga Pelabuhan Tanjung Api-api di Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. - Antara/Feny Selly

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin meningkatkan potensi sumber daya manusia atau SDM setempat di bidang migas dengan menggandeng lembaga vokasi bidang teknik perminyakan dan gas Petrotekno.

Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi dmengatakan upaya mengoptimalkan potensi dari sisi SDM itu lantaran Muba merupakan daerah yang kaya minyak dan gas.

“Kami ingin putra dan putri daerah kami yang berkerja di perusahaan-perusahaan yang berusaha di Muba,” katanya, Selasa (3/3/2020).

Beni memaparkan nantinya Pemkab Muba akan mengirimkan putra dan putri terbaik mengikuti pelatihan di Pusat Pelatihan Petrotekno di Ciloto, Bogor, Jawa Barat.

Bahkan, kata dia, jika memungkinkan maka pemkab yang akan mendatangkan pelatih profesional dari Petrotekno Technical School untuk melatih SDM asal Musi Banyuasin.

Pemkab Muba juga akan membangun fasilitas pelatihan yang mumpuni untuk pengembangan SDM di bidang migas yang berkelanjutan. 

Pusat Pelatihan itu nantinya juga diproyeksikan bukan hanya melatih SDM Muba di bidang Migas saja.

"Tempat pelatihan ini selain melatih SDM di bidang migas, juga bisa menjawab kebutuhan dalam bidang hilirasi komoditas perkebunan di Muba," ujar Beni.

Beni menjelaskan, dengan menggandeng Petrotekno dan rencana membangun pusat pelatihan itu, maka Perda Muba yang menyebut perusahaan harus menyerap 70 persen SDM lokal bakal terwujud.

Selama ini, ungkap Beni, banyak perusahaan justru mendatangkan tenaga kerja dari luar Muba untuk menjalankan usahanya karena keterbatasan SDM yang tersedia di daerah.

"Tahun 2020 ini akan mulai diterapkan kartu pra-kerja dengan adanya pelatihan untuk yang belum bekerja. Muba harus sudah siap menjalankan pelatihan itu," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musi banyuasin
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top