Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Riau Gencar Promosikan Sistem Pembayaran Nontunai

Bank Indonesia Perwakilan Riau kian gencar mendorong sistem pembayaran nontunai di Bumi Lancang Kuning. Ke depannya, BI Riau akan melancarkan pembayaran nontunai di Pelabuhan Dumai, bus Trans Metro Pekanbaru, dan parkil di mal-mal.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU—Bank Indonesia Perwakilan Riau kian gencar mendorong sistem pembayaran nontunai di Bumi Lancang Kuning. Ke depannya, BI Riau akan melancarkan pembayaran nontunai di Pelabuhan Dumai, bus Trans Metro Pekanbaru, dan parkil di mal-mal.

Decymus, Kepala Perwakilan BI Riau, menyampaikan hal itu bertujuan untuk mengoptimalkan pendapatan daerah, memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran, danmengadopsi perkembangan ekonomi dan keuangan digital.

“Sejauh ini sudah dilakukan pembayaran nontunai di Bandara Sultan Syarif Kasim II dan pembayaran nontunai di Tol Pekanbaru—Dumai,” kata Decymus lewat siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (27/2/2020).

Adapun, pada awal bulan ini BI Riau bersama lima perbankan telah bekerjasama dengan Angkasa Pura II menerapkan sistem pembayaran nontunai untuk parkir di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II per 1 Februari 2020. Ke depannya, Decymus melanjutkan, akan dilakukan pembayaran nontunai di Pelabuhan Dumai, bus Trans Metro Pekanbaru, dan parkir mal di Pekanbaru.

Selain mendorong terbentuknya masyarakat tanpa tunai (lesscash society), BI Riau juga akan memfasilitasi UMKM untuk go digital lewat Festival UMKM: Go Digital Go Global di Mal Living World Pekanbaru pada 29 Februari—1 Maret 2020.

Dalam rangkaian acara tersebut, diharapkan UMKM Riau dapat terhubung dengan platform digital untuk dapat memperluas pangsa pasarnya.

Iskandar, Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Riau, menyampaikan bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Riau harus mampu memanfaatkan pasar yang lebih luas lewat sarana digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper