Gubernur Ingin Mandailing Natal Kembangkan Wisata Heritage

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi berharap Kabupaten Mandailing Natal dapat mengembangkan destinasi wisata heritage. Salah satu yang dapat dikembangkan yakni Bagas Godang yang terletak di Desa Huta Godang Kecamatan Ulu Pungkut.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  20:50 WIB
Gubernur Ingin Mandailing Natal Kembangkan Wisata Heritage
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi - Antara

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi berharap Kabupaten Mandailing Natal dapat mengembangkan destinasi wisata heritage. Salah satu yang dapat dikembangkan yakni Bagas Godang yang terletak di Desa Huta Godang Kecamatan Ulu Pungkut.

Dalam kunjungan kerjanya di Mandailing Natal, Gubernur takjub melihat keunikan dari setiap sudut ruangan dari rumah adat khas Mandailing tersebut. Dia berharap rumah bersejarah ini dapat dilestarikan dan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata heritage atau wisata sejarah di Sumut.

"Nanti kita akan pelajari dahulu. Kita panggil ahli untuk melakukan revitalisasi sehingga menjadi ikon pariwisata heritage," katanya yang dikutip dari siaran pers pada Kamis (27/2/2020).

Sebagai informasi, Bagas Godang dikenal sebagai rumah adat tradisional Suku Mandailing. Bangunan yang terbuat dari bahan kayu tersebut merupakan peninggalan dari Raja Djunjungan Lubis yang merupakan Gubernur Sumut ke-6.

Konstruksi atap berbentuk tarup silengkung dolok seperti atap pedati menjadi ciri bangunan tua ini. Masyarakat Mandailing menganggap Bagas Godang sebagai tempat yang sakral karena adat dan hukum yang berlaku dalam masyarakat Mandailing dijiwai oleh Bagas Godang. Dahulu rumah berukuran 39×20 meter yang terbuat dari kayu ini, menjadi tempat masyarakat bermusyawarah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumut

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top