Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gelar Pra Musrenbang, Ini 5 Prioritas Pembangunan Sumut pada 2021

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mengumpulkan kabupaten/kota dalam kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada 2021.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 26 Februari 2020  |  19:28 WIB
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan 5 prioritas pembangunan Sumut pada 2021  - Humas Pemprov
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan 5 prioritas pembangunan Sumut pada 2021 - Humas Pemprov

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mengumpulkan kabupaten/kota dalam kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada 2021.

Setelah menggelar Pra Musrenbang di wilayah Pantai Barat, kegiatan serupa dilakukan untuk wilayah Pantai Timur di Kabupaten Langkat pada Rabu (26/2/2020).

Dalam keterangan resminya pada Rabu (26/2/2020), Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menyampaikan pembangunan Sumut pada tahun depan diprioritaskan pada 5 bidang. Pertama, peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) unggul.

Kedua, perluasan akses pendidikan menengah atas dan kejuruan. Ketiga, konektivitas antar pusat pertumbuhan wilayah dan pusat-pusat produktivitas.

Keempat, peningkatan jangkauan layanan kesehatan. Kelima, peningkatan nilai tambah sektor agraris dan pariwisata berkelanjutan.

Dalam Pra Musrenbang ini, Gubernur mengajak kabupaten/kota untuk menyinkronkan rencana prioritas pembangunan Sumut.

"Tanpa perencanaan, pembangunan kita akan gagal. Untuk itu mari kita sinkronisasi rencana pembangunan di Sumut. Mana yang menjadi prioritas kita sepakati dan kita dahulukan," katanya dalam keterangan resmi.

Edy menawarkan peningkatan sejumlah ruas jalan untuk pembangunan di kawasan Wilayah Pantai Timur. Di sektor kesehatan, Pemprov ingin mendekatkan pelayanan dokter spesialis ke rumah sakit daerah terpencil, pengadaan bus medis, dan pembangunan rumah sakit bertaraf internasional.

Sedangkan di sektor pariwisata, Pemprov berencana melakukan pengembangan wisata religi Besilam dan wisata bahari Tanjungbalai.

"Kawasan Pantai Timur Sumut memiliki kontribusi 74% untuk pembangunan Sumut. Jika kita bangun ini dengan benar, maka dampaknya akan besar terhadap Sumut," imbuhnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top