Penyaluran Pinjaman Pergadaian di Sumbagut Naik Dua Digit

Industri pergadaian di Sumatra Bagian Utara menunjukkan kinerja positif sepanjang 2019. Ini tercermin dari penyaluran pinjaman yang tumbuh dua digit sepanjang tahun lalu.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  17:02 WIB
Penyaluran Pinjaman Pergadaian di Sumbagut Naik Dua Digit
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, MEDAN - Industri pergadaian di Sumatra Bagian Utara menunjukkan kinerja positif sepanjang 2019. Ini tercermin dari penyaluran pinjaman yang tumbuh dua digit sepanjang tahun lalu.

Kepala OJK Regional V Sumbagut Yusuf Ansori menyampaikan nilai pinjaman perusahaan pergadaian di Sumatra Bagian Utara sebesar Rp5,74 triliun. Penyaluran pinjaman itu tumbuh cukup baik yakni 12,65% secara tahunan.

"[Nilai pinjaman] didominasi oleh Provinsi Sumatra Utara sebesar 51,43%," katanya dikutip pada Kamis (13/2/2020).

Dalam catatan Bisnis, wilayah kerja OJK Regional V mencakup Sumatra Utara, Aceh, dan Sumatra Barat.

Terutama di Sumatra Utara, jumlah pelaku usaha gadai swasta yang telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan sebanyak 4 gadai swasta. Salah satunya yakni PT Gadai Senyum Sukacita yang mengantongi izin pada 27 Januari 2020.

Adapun, tiga gadai swasta lainnya yakni PT Gadai Ogan Baru, PT Indonesia Gadai Oke, dan PT Sentral Gadai Persada yang mengantongi izin pada 27 Desember 2019.

Sebelumnya, OJK telah mengajukan proses izin usaha 10 entitas pergadaian swasta yang beroperasi di Medan ke kantor pusat OJK di Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ojk, sumut

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top